Palembang (ANTARA Jambi) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta kepada pemerintah pusat untuk memberikan kewenangan lebih atau luas terhadap daerah dalam pelaksanaan pembangunan, karena permasalahan daerah yang lebih mengetahui pemerintah setempat.

Program pembangunan daerah sering terhenti akibat kewewangan yang lebih tidak diberikan kepada daerah, ujarnya saat berbicara dalam Sumatera Corporate Social Responsibility Summit 2014 di Palembang, Selasa.

Pihaknya minta supaya pemerintah memberikan perlakuan khusus dalam pembangunan. Bila kewenangan diberikan maka pertumbuhan ekonomi daerah akan semakin pesat sekaligus mampu menyumbang pembangunan nasional. 

"Sebenarnya Sumsel kaya akan potensi daerah baik itu sektor minyak dan gas maupun pertambangan. Potensi yang ada itu perlu digali secara maksimal sehingga laju pertumbuhan daerah akan semakin pesat. Karena itu perlu adanya kewenangan khusus dalam mengelola sumber daya alam tersebut," katanya.

Ketua Ombudsman RI Danang Girindrawardana mengatakan, kewenangan daerah termasuk dalam pengawasan pembangunan perlu diberikan secara maksimal kepada daerah. Kesemuanya itu tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(Ant)

Pewarta: Ujang Idrus

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014