Jambi (ANTARA Jambi)  - Sebanyak 15 siswa SMA sederajat dan 56 peserta Paket C di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar), Jambi, batal mengikuti Ujian Nasional (UN).

Berdasarkan penjelasan Dinas Pendidikan Tanjabar ke-15 siswa yang batal mengikuti UN tersebut masing-masing tujuh siswa SMA, dua siswa SMK, dan enam siswa dari Madrasyah Aliyah. Sedangkan puluhan lainnya adalah warga belajar pserta UN Paket C.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Dinas Pendidikan Tanjabar Amrial ketika dikonfirmasi, Rabu mengakupihaknya tidak mendapatkan alasan alpanya belasan siswa dan puluhan warga belajar peserta Paket C mengikuti UN, baik ke pihak sekolah dan pengelola.

"Sampai memasuki hari kedua ujian, siswa maupun warga belajar ini tidak ada yang datang," katanya.

Dengan tidak adanya penjelasan ini, pihak Diknas memutuskan para peserta ini sebagai siswa putus sekolah (drop out).  "Banyak alasan yang bisa menjadi penyebab DO-nya para siswa, salah satunya, karena menikah," katanya.

Dengan demikian, Amrial menyebutkan bahwa untuk tahun ini tidak akan ada peserta yang mengajukan ujian susulan, baik untuk siswa SMA maupun peserta Paket C. (Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014