Jambi  (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan akan terus mendorong dan mendukung Komisi Penyiaran Indonesia di Provinsi Jambi untuk meningkatkan peran sertanya dalam membangun karakter masyarakat.

Pembangunan karakter masyarakat sangat dipengaruhi oleh wajah penyiaran, dan media yang baik dan santun, yang akan mendorong percepatan perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik, kata Gubernur pada Rakornas Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Jambi, Selasa.

Gubernur mengatakan, keberadaan KPI di Provinsi Jambi telah mampu mendorong dan mengawasi media dan lembaga penyiaran ke arah yang lebih baik.

"Untuk itu, tidaklah berlebihan, pada kesempatan ini saya sampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Komisi Penyiaran atas partisipasinya dalam membangun karakter masyarakat khususnya di Provinsi Jambi," ujarnya.

Ia menilai proses perjalanan KPI telah menempatkan dirinya pada peran yang sangat strategis dalam memberikan kontrol dan pengawasan terhadap substansi penyiaran serta berharap supaya Komisi Penyiaran akan lebih memacu diri lagi menjadi sebuah lembaga independen yang berfungsi mewadahi aspirasi, serta mewakili kepentingan masyarakat di bidang penyiaran.

Komisi Penyiaran telah mampu menjembatani kepentingan masyarakat dengan institusi pemerintah dan lembaga penyiaran, dan lembaga penyiaran itu sendiri merupakan salah satu lembaga yang berperan serta, dituntut untuk memberikan informasi yang benar terhadap pelaksanaan pembangunan melalui kekuatan informasi.

Ia mengaku terkesan dengan berbagai upaya yang dilakukan Komisi Penyiaran untuk memasyarakatkan keberadaan Komisi Penyiaran dan memberikan arahan kepada lembaga penyiaran untuk menyajikan hiburan dan pendidikan serta dialog interaktif yang mengangkat tema-tema lokal, yang dapat meningkatkan partisipasi dan animo masyarakat dalam pembangunan.

Selain itu, Hasan Basri Agus juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua KPI Pusat beserta jajaran atas kepercayaan yang diberikan kepada Jambi untuk menjadi tuan rumah Rakornas KPI Tahun 2014.

Sementara itu, Ketua KPI Yudhariksawan menyatakan bahwa penyiaran merupakan sesuatu yang penting dan strategis dalam konteks kemaslahatan bangsa dan negara.

Ia berharap Rakornas KPI menghasilkan masyarakat yang cerdas dan sadar media, sehingga lembaga penyiaran menghasilkan siaran yang cerdas. Selain itu, ia menyarankan untuk menginisiasi gerakan beriklan pada acara yang sehat dan bermanfaat.

Rakornas KPI yang akan berlangsung hingga 24 April itu diikuti oleh utusan dari KPI daerah dari seluruh Indonesia.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014