Jakarta (ANTARA Jambi) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan kegiatan manusia berkontribusi melepaskan karbon ke udara sebesar 30 persen.

"Kita sering berbicara soal kualitas udara, kita bicara perubahan iklim, bagaimana aktivitas manusia berpengaruh pada perubahan iklim? Ternyata kontribusi kegiatan manusia melepas karbon 30 persen dari yang ada di udara," kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya usai Sosialisasi BMKG kepada Media Massa di Jakarta, Selasa.

Menurut dia berdasarkan pengamatan BMKG pada perayaan Nyepi 2013 di Bali diketahui bahwa konstantasi karbon turun saat tidak ada aktivitas apa pun di pulau tersebut.

"Dan saat ada aktivitas jumlah karbon naik lagi hingga 30 persen. Bukti ini juga telah disepakati IPCC bahwa pemanasan global juga akibat aktivitas manusia," ujar dia.

Andi mengatakan mitigasi menjadi cara yang dilakukan guna mengurangi sumber-sumber emisi karbon. Namun antisipasi kegagalan tentu mengharuskan manusia mampu beradaptasi.

Pemanasan global, lanjutnya, akan semakin meningkatkan kejadian bencana hidrologi. Karena itu adaptasi merupakan langkah yang harus disiapkan menghadapi bencana tersebut.

Salah satu langkah yang BMKG lakukan, menurut dia, dengan menjalankan program Sekolah Lapangan Iklim untuk petani dengan mengajarkan kapan waktu yang tepat menanam.

"Jadi program untuk petani ini bertujuan membuat mereka paham secara lokal kapan waktu tepat untuk tanam. Perkiraan saya, dengan menentukan waktu tanam yang pas mampu menaikkan padi hingga delapan ton per hektar lahan," ujar dia.

Program tersebut, lanjutnya, telah mulai ada di 25 provinsi. Rencananya BMKG akan mendengarkan testimoni dari petani-petani yang sukses mengikuti sosialisasi program adaprasi tersebut.(Ant)

Pewarta: Virna P Setyorini

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014