Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus berharap Kongres Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia menghasilkan pemikiran untuk mengatasi permasalahan negara.

Harapan tersebut dikemukakan Gubernur dalam pembukaan Halaqah Akbar dan Kongres XVIII Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Gelanggang Olah Raga (GOR), Kotabaru, Kota Jambi, Sabtu.

Hasan Basri Agus mengajak PMII untuk peka dan jeli melihat kenyataan bahwa setelah reformasi, masih sangat banyak persoalan-persoalan bangsa yang perlu dibenahi, mengevaluasi keadaan, serta turut menyusun agenda kebangsaan yang lebih kuat ke masa depan, sesuai amanah para pendahulu dan pejuang bangsa, yang telah menyumbangkan fondasi kebangsaan.

"Melalui kongres ini, saya berharap saudara-saudara dapat berdiskusi lebih dalam dan berdialog membahas berbagai permasalahan yang dihadapi organisasi dan bangsa, serta upaya-upaya untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, dan menggali serta meningkatkan peran dan fungsi PMII dalam pembangunan bangsa," ujarnya.

Gubernur juga mengharapkan agar melalui Kongres PMII tersebut kader PMII dapat mengantisipasi pengaruh negatif budaya global yang merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ia juga sangat mengapresiasi Kongres Nasional PMII yang baru pertama kali diselenggarakan di Jambi.

Ada dua harapan untuk kepentingan Provinsi Jambi dengan penyelenggaraan Kongres PMII ini, yaitu, diharapkan dapat meningkatkan promosi daerah dan peningkatan perekomomian Jambi.

Pengurus Besar Nahdatul Ulama, Mun`im DZ dalam sambutannya menekankan agar PMII menjadi bagian penting dalam melakukan perbaikan politik dan ekonomi nasional.

Sementara itu, Perwakilan Majelis Pembina Nasional PMII Ali Masykur Musa mengatakan, PMII harus tetap pada rel intelektual dan jangan sampai kehilangan rohnya, karena itu intelektualitas harus selalu dijunjung tinggi.

Ia mengingatkan agar PMII tidak hanya diam ketika ada penyimpangan, tapi harus menjadi organisasi pergerakan, namun jangan menjadi korban pergerakan.

Sedangkan Ketua Pengurus Besar PMII Adi Jaruddin menyatakan PMII turut mengawal keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan berharap kongres menghasilkan ide-ide cerdas bagi kemajuan Indonesia.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014