Jambi (ANTARA Jambi) - Pada Mei 2014, Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0,23 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 111,93.

Kepala BPS Jambi, Yos Rusdianyah, di Jambi Senin, mengatakan inflasi di Kota Jambi terjadi pada semua kelompok pengeluaran barang dan jasa karena adanya kenaikan indeks pada seluruh kelompok pengeluaran barang dan jasa.

Sementara itu BPS Jambi juga mencatat bahwa di Kabupaten Bungo terjadi deflasi sebesar 0,51 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kabupaten Bungo tercatat sebesar 109,75.

Sedangkan deflasi di Kabupaten Bungo terjadi karena penurunan indeks harga pada 2 (dua) kelompok pengeluaran barang dan jasa.

Inflasi di Kota Jambi terjadi karena adanya kenaikanan indeks harga pada semua kelompok pengeluaran barang dan jasa. Pada kelompok bahan makanan mengalami inflasi sebesar 0,54 persen, makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,09 persen, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,25 persen.

Kelompok sandang sebesar 0,19 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,10 persen, pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,02 persen, serta kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,04 persen.

Deflasi di Kabupaten Bungo terjadi karena ada penurunan indeks harga pada dua kelompok pengeluaran yaitu kelompok bahan makanan sebesar 2,70 persen dan kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,02 persen.

Sedangkan inflasi terjadi pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,05 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,36 persen, sandang 1,04 persen, kesehatan 0,26 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,24 persen.

Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Jambi pada Mei 2014 antara lain daging ayam ras, udang basah, bawang merah, tomat buah, ikan nila, telur ayam ras, jengkol, susu untuk balita, kontrak rumah, dan ikan gabus.

Sementara itu komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya deflasi di Kabupaten Bungo adalah cabai merah, udang basah, cabai rawit, ikan mas, ikan tongkol, bawang putih, ikan serai, emas perhiasan dan beras. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014