Jambi (ANTARA Jambi) - Kepolisian Sektor (Polsek) Jambi Selatan, Kota Jambi berhasil menangkap pelaku utama atau otak pembobolan rekening tabungan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang beraksi di Kota Jambi.

"Agus Khaelani (50), otak pelaku yang kabur berhasil ditangkap di Provinsi Banten beberapa hari lalu," kata Kapolsek Jambi Selatan Kompol Dudi Noveri, Sabtu.

Ia mengatakan, penangkapan tersangka Agus dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Polresta Palembang, karena pelaku lainnya ada yang tertangkap di sana dan tiga pelaku lainnya ditangkap Polsek Jambi Selatan di Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Tersangka Agus ditangkap di rumahnya di di Perum Cikande Indah Blok A2 Nomor 6 Desa Cikande Kecamatan Cikande, Serang Banten, beberapa hari lalu, tanpa perlawanan.

Menurut Kapolsek, selain mengamankan otak pelaku, pihaknya juga menyita satu unit mobil Avanza dari tersangka yang digunakan sebagai sarana untuk melakukan kejahatan.

Saat ini, tersangka masih diperiksa di Polresta Palembang, sebab tersangka sebelum beraksi di Kota Jambi juga beraksi di Palembang.

Dua teman tersangka ditangkap oleh Polresta Palembang dalam kasus yang lain, sedangkan tiga tersangka lainnya diamankan di Jambi.

Sebelumnya, tiga orang komplotan pembobol rekening tabungan melalui mesin ATM, berhasil diringkus aparat Kepolisian Polsek Jambi Selatan beberapa waktu lalu.

Ketiga pelaku itu anggota sindikat pembobol rekening tabungan di ATM adalah warga Sekayu, Kabupaten Muba, Sumsel, yakni Thomas (24) dan suami isteri Megi (32) dan Anita (32).

Pelaku melakukan aksinya dengan mengganjal lobang mesin ATM menggunakan lidi korek api. Ketika korban ingin menarik atau menstransfer uang, kartu ATM-nya tersangkut dan korban panik, saat itulah pelaku langsung masuk ke ATM untuk mentransfer uang korban ke rekening milik mereka.

Dalam aksinya mereka berhasil membobol rekening tabungan ATM milik warga Jambi senilai Rp60 juta.(Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014