Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Batanghari, Jambi, ikut memeriahkan puncak peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke 42 tingkat Provinsi Jambi yang diselenggrakan pada tanggal 25 Juni 2014 di Desa Kasang Pudak Kabupaten Muarojambi.

Kepala Bidang Program Pertanian Distan Batanghari Gusnel Hadi mengatakan, dalam kegiatan tersebut Distan Batanghari melakukan serangkaian kegiatan untuk memeriahkan acara tersebut.

"Dalam kegiatan puncak HKP itu, digelar berbagai macam lomba yang diikuti oleh para petani peserta perwakilan dari seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Jambi," kata Gusnel Hadi, Selasa.

Ia mengatakan, adapun lomba-lomba yang dilaksanakan pada HKP itu, seperti asah terampil, keterampilan okulasi/sambung bibit buah-buahan, orasi petani dengan tema "Peningkataan Produktivitas Padi", keterampilan pos Informasi Pelayanan Agensia Hayati (IPAH) dan tebak benih padi varietas unggulan nasional.

"Prestasi yang kita raih, dari Penyuluh Pertanian Swadaya dapat peringkat tiga, petani berprestasi peringkat dua, Gapoktan berperestasi peringkat dua, kelompoktani berperestasi peringkat satu, Balai Penyuluh terbaik peringkat tiga dan penyuluh PNS perikanan teladan peringkat satu," ujarnya.

Disamping perlombaan yang dilakukan oleh kelompok tani dan petugas lapangan, produk segar dan olahan hasil pertanian Distan Batanghari juga ikut ditampilkan.

Untuk produk segar unggulan daerah Batanghari dan olahan hasil-hasil pertanian, seperti sayur-sayuran dan buah segar hasil pertanian menjadi daya tarik bagi kabupaten lain.

Ia menjelaskan, pada peringatan HKP ke 42 ini, Distan Batanghari akan mentingkatkan inovasi petani (pelaku utama) dan pelaku usaha dalam meningkatkan produksi dan pemanfaatan lahan pekarangan secara optimal untuk mencapai swansembada pangan yang berkelanjutan.

HKP ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan rahmat dan karunia yang maha kuasa berupa kekayaan alam yang melimpah seperti bumi, air, matahari, iklim, kekayaan fauna dan flora serta mineral yang oleh masyarakat pertanian diolah dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia.

Sementara itu, Kepala Bidang Kelembagaan Penyuluhan dan Petani BP2KP Batanghari Kodri mengatakan, untuk prestasi Kabupaten Batanghari cukup lumayan dan ke depan Pemkab Batanghari akan terus meningkatkan prestasi baik itu kelompok tani dan lain sebagainya. (Ant/ADV))

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014