Jambi (ANTARA Jambi) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi Safii mengatakan warga di daerahnya tidak perlu khawatir berobat ke Puskesmas karena obat-obat yang disediakan obat paten dan berkualitas.

"Warga jangan kuatir jika hendak berobat di Puskesmas, obat yang disediakan juga bagus tidak kalah dengan obat di rumah sakit," kata Safii, Jumat.

Ia menjelaskan, dengan warga selalu berobat ke Puskesmas hal itu bisa membantu Dinas Kesehatan untuk memantau jenis penyakit yang ada di tengah warga.

"Kalau warga berobat di bidan atau dokter praktek, kita tidak tahu penyakit apa yang banyak diderita warga," katanya.

Safii menjelaskan, selama ini pendataan penyakit dilakukan berdasarkan data dari Puskesmas, dan dari data itulah bisa diketahui jenis penyakit yang banyak diderita warga.

"Warga yang berobat di Puskesmas itu di dicatat, sehingga kita tau data penyakit warga," ujarnya.

Ia mengimbau warga untuk tidak langsung berobat ke dokter praktek jika hanya mengalami penyakit ringan seperti pilek atau demam.

"Berobat dulu ke Puskesmas, karena biaya berobat di dokter praktek biasanya mahal, tapi jika tak kunjung sembuh baru ke dokter," katanya.

Selain obat yang tersedia itu mujarab, biaya berobat di Puskesmas juga lebih murah bahkan gratis. Jika warga kurang mampu bisa gunakan kartu BPJS, dan obatnya juga gratis.

Mengenai kondisi cuaca saat ini, Safii menyebutkan pihaknya selalu waspada di berbagai musim, baik musim hujan atau pun saat musim panas.

Saat ini, salah satu penyakit yang harus diwaspadai warga yaitu demam berdarah. Penyemprotan tidak efektif, yang bagus itu mencegah dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal warga, tambahnya. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014