Jambi (ANTARA Jambi) – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke–69 di Kabupaten Batanghari pada Minggu (17/9) berjalan dengan khidmad.
 
Upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih itu juga diikuti oleh seluruh jajaran lingkup Pemerintah Kabupaten Batanghari bersama unsur Muspida, TNI, Polro, mahasiswa, pelajar, swasta, tokoh masyarakat dan lain-lainnya.
    
Dalam upacara HUT RI ke-69 kali ini yang bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Batanghari Sinwan SH, dengan mengenakan busana serba putih terlihat penuh wibawa.
    
Sedangkan yang teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Ketua DPRD Batanghari Supriyadi ST, dan yang bertindak selaku komandan upacara Kapten Ibnu.

Pelaksanaan HUT RI ke-69 kali ini berlangsung dengan khidmad.  Semua pasukan barisan terlihat gagah dan rapi, baik dari anggota Polisi, TNI, mahasiswa, pelajar, Sat Pol PP maupun yang terlibat dalam barisan.
     
Sebelumnya, menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-69, Pemerintah Kabupaten Batanghari mengadakan upacara pengukuhan Paskibraka 2014.

Acara yang dipimpin langsung Bupati Batanghari ini berlangsung di rumah dinas Bupati, Sabtu malam (16/08/). Turut hadir dalam acara itu Forkompimda, Sekda Batanghari Drs Ali Redo, Asisten, Kepala SKPD dab  para orang tua anggota Paskibra.

Acara yang berlangsung dengan tentram dan mengharukan ditandai dengan pemasangan sabuk kepada seluruh anggota Paskibraka yang berjumlah 30 orang yang berasal dari SMA negeri dan swasta di delapan kecamatan di Kabupaten Batanghari.

Mereka dipilih berdasarkan hasil tes tertulis dan tes fisik keterampilan. Mereka telah melakukan latihan yang sangat padat dengan dikarantina selama 15 hari.

Bupati Sinwan mengawali sambutannya dengan mengucapankan selamat kepada seluruh anggota pasukan pengibar melalui seleksi yang sangat ketat dari ratusan peserta yang mengikuti tes.

Ia mengajak kepada seluruh anggota Paskibraka agar merenungkan makna Kemerdekaan Negara Indonesia.

Kepada para Paskibraka Bupati berpesan bahwa perjuangan kemerdekaan tidak sampai di sini tapi tetap terus berlangsung, karena masih banyak perjuangan dan pengorbanan yang diperlukan demi tegaknya NKRI.

Sebagai warga negara yang terpilih menjadi Paskibraka berarti diberikan kepercayaan untuk mengemban tugas yang dimulai sejak dikukuhkan sebagai pasukan Paskibraka tahun 2014.

Bupati meminta jadikanlah momen ini sebagai tonggak dimulainya pengabdian mereka kepada nusa dan bangsa dalam memberikan partisipasi dan konstribusi dalam mempertahankan Kemerdekaan RI.(Ant/ADV)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014