Jambi (ANTARA Jambi) - Para atlet Jambi yang mengikuti pemusalatan latihan daerah (Pelatda) program "Merpati Emas" menuju PON 2016, akan menjalani tes fisik tahap pertama yang ditetapkan KONI Provinsi Jambi.

Ketua Umum KONI Provinsi Jambi H AS Budianto, di Jambi Kamis, mengatakan selama beberapa hari ke depan dimulai hari ini hingga Sabtu (24/8), para atlet Pelatda Merpati Emas diwajibkan menjalani tes fisik yang diselenggarakan oleh KONI bersama Forkes Universitas Jambi (Unja).

"Selama tiga hari ini para atlet Pelatda akan menjalani tes fisik yang digelar KONI bersama Forkes Unja untuk mengetahui sampai dimana kemampuan fisik atlet Jambi selama menjalankan program Pelatda," kata Budianto.

Pelaksanaan tes fisik digelar 21-23 Agustus 2014, dan setiap harinya ada sebanyak 50 atlet dari beberapa cabang olahraga yang masuk Pelatda untuk menjalani tes yang bertempat di Stadion Tri Lomba Juang KONI Jambi.

Budianto juga mengatakan, untuk para atlet yang diluar Provinsi Jambi, KONI Provinsi Jambi masih terkendala untuk memonitoring perkembangannya termasuk pelaksanaan tes fisik tersebut.

Dalam tes fisik ini nantinya para atlet pemusatan pelatihan daerah akan mengikuti tes yang dibagi dalam dua kelompok dan setiap hari ada sebanyak 50 atlet.

Selain melakukan tes fisik, KONI Jambi juga akan melaksanakan tes kesehatan serta menjamin para atlet dan pelatih pada program asuransi.

Kegiatan ini akan terus berjalan sampai menuju ke PON 2016 dan sampai saat ini baru sembilan cabang olahraga yang dipantau oleh KONI Jambi dalam pelaksanaan Pelatda.

Dari 18 cabang olahraga yang masuk Pelatda Merpati Emas menuju PON 2016, masih tersisa sembilan cabang olahraga lagi yang akan dipantau oleh pengurus KONI Jambi dan pada pekan ini semua atlet diwajibkan menjalani tes fisik.(Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014