Jambi (ANTARA Jambi) - Radio Republik Indonesia (RRI) Jambi memberikan kesempatan kepada masyarakat di Provinsi Jambi untuk menyalurkan bakat di bidang tarik suara melalui pemilihan Bintang Radio Jambi.

Seleksi kegiatan yang bersifat nasional ini akan diselenggarakanpada 3-4 September, final kompetisi ini akan digelar saat perayaan HUT RRI ke-69.

"Kita masih membuka pendaftaran hingga 30 Agustus 2014," kata Ketua Panitia Bintang Radio Jambi Aliyudin di Jambi, Rabu.

Ia berharap, pemuda-pemudi di Jambi dapat menyalurkan bakat mereka, sebab iven ini tidak hanya sebatas di Provinsi Jambi saja, tapi bersifat nasional bahkan tingkat Asean.

"Pemenang Bintang Radio Jambi akan dikirim ke Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mengikuti pemilihan bintang radio nasional pada 12-19 Oktober. Peserta kita kirim dua orang, putra dan putri,” kata dia.

Selama penyelenggaraan ini, Provinsi Jambi melalui RRI Jambi sudah menelurkan beberapa bintang radio. Tahun 2013 lalu, peserta dari Jambi asal Kabupaten Sarolangun menjadi "runner up" pemilihan bintang radio tingkat nasional di Manado, Sulawesi Utara.

Kriteria peserta, katanya, usia peserta minimal 16 tahun maksimal 30 tahun dengan dibuktikan identitas diri seperti KTP.

Peserta bisa mengantar lamaran langsung ke RRI Jambi. Jika peserta berasal dari kabupaten, bisa diwakili pihak sekolah ataupun Pemda setempat.

"Untuk rekrut peserta saya sudah mengirim surat ke sekolah-sekolah menengah di kabupaten, kita minta sekolah mengirim anak-anak yang berbakat. Mulai dari penyisihan bintang radio diharapkan ada peran serta pemerintah daerah," kata Aliyudin.

Peserta yang bakal mengikuti pemilihan bintang radio dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp75 ribu dan akan mendapatkan CD (cakram) lagu dan fasilitas lagu.

RRI menyiapkan tiga orang juri yang bergelut di bidang musisi Jambi, mereka adalah Anton, Zul Gomes dan Alex.

Adapun kategori lagu pilihan yang dibawakan peserta pemilihan Bintang Radio, yakni untuk peserta pria, "Kau Harus Bahagia" (Sammy Simorangkir), "Apakah Ini Cinta" (Yudika), "Cemburu Mengurus Hati" (Vidi Aldiano), "Lebih Indah" (Adera) dan "Kisah Kehidupan" (Harvey Malioholo).

Sementara kategori lagu pilihan peserta wanita, yakni "Apa Arti Menunggu" (Raisa), "Inspirasi Sahabat" (Kotak), "Takkan Terganti" (Dea Mirela), "Alasan Terbesar" (Piyu feat Scholitaka) dan "Akan Kutunggu" (Sherina).

"Peserta wajib memilih lagu yang ditetapkan panitia," katanya.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014