Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengajak masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon bermanfaat bagi masyarakat.

Ajakan tersebut disampaikan Gubernur dalam acara penanaman pohon di SMA Negeri 5 Kota Sungaipenuh, Kecamatan Hamparan Rawang, Rabu, sekitar 410 Km arah barat dari Kota Jambi.

Gubernur berharap agar pohon yang akan ditanam bermanfaat bagi masyarakat, yakni pohon mahoni, bulian, dan pohon lainnya.

Ketika menanggapi harapan masyarakat Hamparan Rawang yang minta pembangunan penahan tebing di Sungai Batang Merau dan pemekaran gedung pertemuan, Gubernur menyatakan bahwa hal tersebut akan diupayakan.

Hasan Basri juga mengharapkan agar Kota Sungaipenuh semakin baik dibawah kepemimpinan Wali Kota Sungaipenuh Asafri Jaya Bakri.

Saat menjelaskan soal program bantuan "Satu Miliar Satu Kecamatan" (Samisake), Gubernur mengungkapkan dasar pemikiran program ini karena masih banyak masyarakat yang hidup sangat miskin.

Saat awal dirinya menjabat Gubernur Jambi warga miskin berjumlah 34 ribu kepala keluarga (KK) lebih, namun pada akhir tahun 2012 tinggal 25 ribu KK lagi.

"Rumah warga tidak mampu yang sudah dibedah sudah mencapai 19 ribu unit lebih, dan jika saya dipercaya lagi menjadi gubernur, saya akan meningkatkannya," ujarnya.

"Saya juga berasal dari orang susah, miskin. Jadi, saya juga benar-benar memikirkan orang miskin," katanya lagi.

Ia juga menyatakan memikirkan untuk merawat orang yang mengalami gangguan jiwa dengan program "Bebas Pasung", dan sudah ada 247 orang yang dulunya dipasung dan mengalami gangguan kejiwaan kini sudah dirawat.

Tugas pemimpin pemerintah itu, bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan mengurus rakyat baik-baik, sebab jabatan gubernur adalah amanah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Irmansyah Rachman menyatakan penanaman pohon itu merupakan implementasi program penanaman satu miliar pohon, yang beberapa waktu lalu dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan tujuan untuk perbaikan lingkungan.

Ia mengatakan pada November mendatang akan ada penanaman pohon unggulan lokal seluas lima hektare di Kota Sungaipenuh, di antaranya pohon pacet dan pinus.

Tokoh masyarakat Hamparan Rawang Aryadi Juaeni menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jambi atas program Samisake dengan berbagai kegiatannya, yaitu bedah rumah, beasiswa pendidikan, dan lainnya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014