Jambi (ANTARA Jambi) - Penilaian tahap akhir status Geopark Merangin masuk jaringan Global Geopark Network (GGN) Unesco akan diumumkan pada 19 September 2014 di Kanada.

"Penentuan status Geoprak Merangin apakah masuk dalam jaringan GGN akan diumumkan di Kanada pada 19 September mendatang," kata Bupati Merangin Al Haris seperti disebutkan dalam siaran pers Humas Pemkab Merangin, Senin.

Belum lama ini Tim Assesor GGN Unesco yang dipimpin Prof Patrick Mc Keever dan Dr Mahito Matanabe melakukan penilaian mendetil dengan melakukan penelusuran ke lokasi Geopark Merangin di Desa Air Batu dan hutan adat Desa Guguk, Kecamatan Renah Pembarap, serta mengunjungi rumah tuo di Kecamatan Tabir.

Menurut Bupati berdasarkan penilaian Tim Assesor Unesco, potensi Geopark Merangin luar biasa, sehingga ada harapan menjadi warisan dunia.

Merangin juga dinilai mempunyai pontensi untuk mengembangkan kawasan pariwisata serta mempertahankan kasanah budaya yang mempunyai peran positif meningkatkan ekonomi lokal.

Namun, kata Haris, untuk menjadi geopark yang siap menjadi wisata geologi masih perlu waktu, karena masih ada beberapa fasilitas yang harus dilengkapi, termasuk di dalamnya peranan masyarakat.

"Kalau sudah diakui dunia, baru nanti kita sibuk membetulkannya. Ini yang harus diubah oleh masyarakat. Jadi, peranan masyarakat sangat penting untuk mendapatkanpengakuan dari Unesco ini," kata Bupati.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014