Jambi (ANTARA Jambi) - Dalam mengantisipasi parahnya kabut asap Dinas Kesehatan Kota Jambi menyiapkan sebanyak 38 ribu masker yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat dalam waktu dekat.

"Sejak beberapa hari belakangan ini wilayah Kota Jambi diselimuti kabut asap, masyarakat diminta berhati-hati terutama saat beraktivitas diluar rumah agar menggunakan masker," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jambi, Polisman Sitanggang, saat dikonfirmasi, Kamis.

Dinkes juga mengimbau masyarakat untuk tidak terlalu banyak keluar rumah atau melakukan aktifitas di luar dan khususnya anak SD," kata Polisman saat ditemui di Makorem 042 Garuda Putih.

Polisman juga menyebutkan, berbagai upaya telah mereka lakukan untuk mengantisipasi dampak buruk dari kabut asap tersebut, salah satunya menyiapkan masker yang akan diobagikan secara gratis.

Meskipun kabut asap sudah menyelimuti Kota Jambi. namun angka Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) masih di bawah standar artinya udara Kota Jambi masih dikategorikan sehat.

"Angka ISPU masih dibawah 50 dan masih cukup sehat, namun demikian masyarakat tetap kita himbau untuk hati-hati karena kabut asap juga rentan menimbulkan penyakit, seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)," katanya.(Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014