Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus dipanggil Wakil Presiden Boediono ke Palembang pada Selasa (23/9) terkait penanganan kabut asap yang melanda beberapa provinsi di Sumatera saat ini.

Ketika dikonfirmasi, Senin, Gubernur membenarkan pemanggilan dirinya oleh Wapres.

"Ya bukan hanya kita (Jambi), ada lima kepala daerah yang diundang untuk membahas masalah (kabut asap) ini dengan Wapres pada Selasa siang," katanya.

Lima kepala daerah yang dipanggil yakni, Jambi, Sumsel, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah termasuk Lampung, serta Kementrian Kehutanan. Dalam pertemuan itu, akan dibahas bagaimana ke depannya mengendalikan kebakaran hutan yang menimbulkan kabut asap.

Meski demikian, kebakaran hutan yang banyak terjadi bukan berada di Provinsi Jambi, melainkan dari provinsi tetangga, ini bukan hanya klaim saja, karena ada dasarnya.

"Kita tidak mengada-ada, semuanya bisa dibuktikan dari pantauan satelit seperti NOAA 18, Aqua dan Terra," ujarnya.

Namun sekarang kabut asap di Jambi sudah mulai berkurang, sebab dalam beberapa hari terakhir ini Jambi selalu diguyur hujan deras.  "Alhamdulillah Jambi diguyur hujan, itu sangat membantu kita," kata dia.

Dalam beberapa pekan terakhir kabut asap tebal menyelimuti Provinsi Jambi akibat banyaknya titik api yang terpantau satelit, baik di Sumsel, Kalimantan, Riau maupun beberapa titik di Provinsi Jambi.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014