Jakarta (ANTARA Jambi) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)  menyatakan mendukung pemilihan kepala daerah secara langsung atau dipilih oleh rakyat.

Ketika diminta tanggapannya di Jakarta, Kamis, ia beralasan  pilkada yang dilaksanakan secara langsung atau dipilih oleh rakyat lebih banyak mengandung nilai positif jika dibandingkan dengan pilkada tidak langsung atau melalui DPRD.

"Ada tiga alasan. Alasan pertama, kalau dipilih secara langsung maka perhatian kepala daerah kepada rakyatnya akan menjadi lebih" katanya.

Alasan kedua, melalui pilkada langsung, artinya rakyat memiliki hak politik dan dapat menjalankan hak serta kewajibannya itu dalam pemilihan.

"Atau dengan kata lain, nantinya pemimpin yang terpilih sepenuhnya merupakan pemimpin yang memang betul-betul diinginkan dan sesuai dengan keingin rakyat banyak," ujar Jokowi.

Kemudian untuk alasan ketiga, dia menilai dengan pilkada langsung, kepala daerah yang terpilih akan memiliki tanggung jawab sekaligus beban moral untuk melayani masyarakat.

"Tentu saja, kalau dipilih rakyat maka kepala daerah akan mempunyai beban moral. Kepala daerah itu harus lebih memperhatikan kebutuhan dan kesejahteraan rakyatnya," kata Jokowi yang juga presiden terpilih periode 2014-2019.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014