Jambi (ANTARA Jambi) -  Direktur Jenderal Pembangunan Masyarakat Desa (PMD) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Ir H Tarmizi A Karim M.Sc dan ibu Inayati Tarmizi beserta rombongan, menghadiri puncak peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XI di Lapangan Garuda, Muarabulian Kabupaten Batanghari, Kamis (25/9).

Kedatangan Dirjen sekaligus memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-42 tingkat Provinsi Jambi tahun 2014, yang berlangsung di lokasi yang sama.

Turut hadir mendamping Dirjen, antara lain Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus, Bupati Batanghari Sinwan SH, Sekda Batanghari Drs H Ali Redo, Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj Yusniana Hasan Basri, Ketua TP PKK Batanghari Ny Siti Fatimah Sinwan, Ketua DPRD Batanghari dan unsur pejabat lainnya serta pelaku PNPM kabupaten/kota.

Bupati Batanghari Sinwan SH, dalam sambutannya mengatakan, pencanangan BBGRM XI dan HKG PKK ke 42 tahun 2014 di Kabupaten Batanghari merupakan momentum strategis yang telah tumbuh dan berkembang di masyarakat.

Momentum ini memberi ruang bagi pemerintah dan masyarakat beserta para pemangku kepentingan secara bersama-sama mengedepankan semangat gotong royong untuk bekerja dengan karya nyata. Selain itu, momentum ini juga diharapkan memunculkan semua potensi masyarakat yang terbaik untuk membangun negeri ini.

"Partisipasi masyarakat dalam mendukung kegiatan BBGRM ini dapat kita nilai sebagai salah satu wujud nyata kepeduliannya terhadap program pemerintah demi kemajuan daerah," kata Sinwan.

Sedangkan, Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj Yusniana Hasan Basri dalam sambutannya mengatakan, puncak acara BBGRM dan HKG PKK Tahun 2014 ini bertema "Dengan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK, Kita Tingkatkan Partisipasi Keluarga Dalam Mewujudkan Masyarakat yang Berintergrasi dan Mandiri," katanya.

Acara yang diisi dengan pelaksanaan pameran dan pemberian penghargaan ini sangat besar artinya bagi TP PKK yang ada di Provinsi Jambi, sebagai sarana pengembangkan karya, dan motivasi anggota PKK di daerah untuk lebih baik menjalankan program PKK di lingkungan masing-masing.

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus mengatakan, BBGRM dan HKG PKK tujuannya untuk meningkatkan komitmen terhadap pemberdayaan masyarakat, mengajak dan menggerakkan seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk melestarikan budaya gotong royong sebagai wujud pemberdayaan masyarakat secara terpadu.

Selain itu juga untuk menumbuhkan kesadaran para keluarga Jambi untuk memperbaiki mutu kehidupan secara mandiri dalam mencapai kesejahteraannya.

Hal yang sama juga dikatakan Dirjen PMD Kemendagri Ir H Tarmizi A Karim, ia mengajak dan menggerakkan seluruh masyarakat untuk melestarikan budaya gotong royong sebagai wujud pemberdayaan masyarakat secara terpatu dan menumbuhkan kesadaran para keluarga untuk memperbaiki mutu kehidupan secara mandiri dalam mencapai kesejahteraannya.

Selain diisi dengan pameran yang menampilkan hasil kerajinan dan karya terbaik anggota PKK dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Jambi, puncak acara BBGRM dimulai dengan gotong royong, selanjutnya pemberian penghargaan kepada Tim Penggerak PKK terbaik pada tahun 2014 dan lainnya.

Juga ditandatangani prasasti PNPM dan dibuka dengan pemukulan kentong oleh Dirjen Kemendagri tanda dibukanya puncak BBGRM XI. (Ant/Adv)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014