Jambi (ANTARA Jambi) - Ratusan sekolah di Provinsi Jambi belum terakreditasi, kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Rahmat Derita di Jambi, Senin.

Ia merinci, sekolah yang belum terakreditasi, yakni SD 200 sekolah, SMP 308 sekolah, SMA 106 sekolah dan SMK 147 sekolah.

"Belum terakreditasinya sekolah-sekolah ini penyebabnya adalah adanya sekolah favorit. Kita akan dukung sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan agar bisa terakreditasi minimal B. Kalau sudah akreditasi B kita akan dorong untuk berstatus akreditasi A," katanya.

Terkait hal itu, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengatakan, Pemprov Jambi akan berupaya meningkatkan akreditasi sekolah dari belum terkareditasi menjadi akreditasi B dan dari akreditasi B ke akreditasi A.

"Itu salah satu tugas ke depan yang perlu kita siapkan, perlu kita dukung dan perlu kita koordinasikan. Kita akan upayakan menaikan satu tingkat supaya tidak ada lagi sekolah yang berstatus belum terakreditasi," katanya.

Dalam upaya Pemprov Jambi membantu sekolah–sekolah untuk menaikkan akreditasi, masing-masing kabupaten/kota akan diminta mendata sekolah-sekolah tersebut bahkan dengan 'by name by addres', hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Jambi.

Gubernur menambahkan, Pemprov Jambi telah memberikan bantuan beasiswa untuk mahasiswa S3 sebanyak 400 orang dan ribuan beasiswa mahasiswa S2 dan S1. Selain itu pemerintah juga telah membuat asrama mahasiswa untuk mahasiswa yang belajar di Kairo, Mesir.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014