Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kota Jambi mewacanakan membangun Taman Sejuta Cinta untuk pasangan yang ingin menikah, yakni sebelum menikah pasangan itu terlebih dahulu menanam pohon di dalam taman cinta.

Wali Kota Jambi Sy Fasha di Jambi, Sabtu, mengatakan, setiap pasangan yang ingin menikah di Jambi terlebih dahulu menanam satu pohon, instruksi itu sudah disampaikan ke masyarakat Kota Jambi.

"Tidak diwajibkan namun kita instruksikan kepada warga yang ingin menikah menanam pohon, terutama pohon-pohon peneduh. Pohon kita sudah siapkan, jadi mereka tinggal menanam saja," kata Fasha.

Menurut Wali Kota, penanaman pohon tersebut bertujuan sebagai sarana edukasi untuk membuat Kota Jambi menjadi lebih hijau. Selain itu tujuannya menumbuhkan rasa keinginan warga untuk menanam pohon di lingkungan mereka.

"Jika mereka menaman pohon di rumah mereka masing-masing itu tidak terorganizir, saya ingin pohon yang ditanam punya nilai historis bagi masing-masing pasangan nikah. Cuma nanti sistem perawatannya bagaimana, itu belum dipastikan," kata dia.

Fasha mengatakan, lokasi pembangunan taman tersebut berada di daerah Bagan Pete, Kecamatan Kota Baru, Pemkot Jambi menyiapkan tanah seluas lima hektare.

"Kita sudah menyiapkan lahannya, jadi setiap pasangan nanti, sebelum menikah menanam pohon dulu di sana dan kita Pemkot tetap akan menjadi saksinya, termasuk saya, wakil wali kota, ketua DPRD, asisten, staf ahli dan pejabat-pejabat lainnya," katanya.

Pihaknya sudah menyiapkan pohon yang akan ditanami oleh pasangan pernikahan nantinya. Pohon-pohon yang disiapkan merupakan pohon khas Jambi, seperti pohon tembesu dan bulian.

"Sengaja kita tanam pohon-pohon yang berusia puluhan tahun, pohon yang ditanam nanti dibuat nama pasangan nikah, dengan begitu lima tahun ke depan akan menjadi kenangan dan cerita untuk anak-anak mereka. Jadi ada nilai historisnya," ujarnya.

Ia memperkirakan, dalam satu minggu saja, pasangan yang menikah sekitar 50 pasang, jika satu bulan berarti 200 pasang. Artinya dalam satu tahun pohon yang akan ditanam mencapai 2.000 pohon lebih.

"Tahun depan baru bisa kita mulai, sekarang jika ada pasangan menikah mereka menanam di lokasi perkantoran dan halaman rumah dulu. Taman Sejuta Cinta nantinya bisa dimanfaatkan publik sebagai kawasan wisata," tambahnya.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014