Jambi (ANTARA Jambi) - Jambi kekurangan pasokan cabai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat karena sentra budi daya tanaman tersebut di provinsi ini terlambat panen, kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Hartono, Sabtu.

Ia mengatakan, akibat kekurangan pasokan, harga cabai di pasaran wilayah ini menjadi tinggi.

Kecilnya pasokan dari daerah Jambi juga karena dipengaruhi cuaca panas dan tebaran kabut asap sejak beberapa pekan terakhir, sehingga kebutuhan cabai di pasar induk pun tidak terpenuhi.

Idealnya, dalam satu hari, pasokan cabai yang harus tersedia di pasar induk Jambi sebanyak 20 ton. Namun sejak satu bulan terakhir, pasokan cabai kurang dari 20 ton.

"Pasokan cabai untuk Jambi satu bulan ini tidak terpenuhi, padahal sudah dibantu pasokan dari luar daerah seperti cabai dari Bengkulu, Sumatera Selatan dan Sumatera Barat," katanya.

Jika sentra produksi cabai Jambi tidak terlambat panen, pasokan cabai di pasar induk tradisonal biasanya akan mencapai 20 ton bahkan lebih. Sentra cabai Jambi yang terlambat panen yakni Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin, Kayu Aro dan Kabupaten Kerinci.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Filda Deviarni mengatakan, di beberapa pasar tradisional daerah setempat harga komiditas cabai merah memang mengalami kenaikan.

Di Pasar Induk Angsoduo, harga cabai merah keriting mengalami kenaikan Rp38 ribu/kg menjadi Rp40 ribu/kg atau naik sebesar lima persen. Harga cabai merah biasa mengalami kenaikan dari Rp36 ribu/kg menjadi Rp38 ribu/kg atau mengalami kenaikan sebesar enam persen.

Di pasar tradisional Simpang Pulai, cabai merah keriting mengalami kenaikan harga dari Rp40 ribu/kg menjadi Rp42 ribu/kg atau naik sebesar lima persen, cabai merah biasa mengalami kenaikan harga dari Rp38 ribu menjadi Rp40 ribu/kg mengalami kenaikan sebesar lima persen.

"Sementara di pasar tradisional Talang Banjar, cabai merah biasa mengalami kenaikan harga dari Rp36 ribu/kg menjadi Rp38 ribu/kg atau naik sebesar enam persen. Penyebab kenaikan harga cabai merah ini karena berkurangnya pasokan di pasaran," kata Filda.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014