Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan menyiapkan anggaran sebesar Rp6,5 miliar untuk beasiswa sekolah pilot, kata Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi Hilalatil Badri, di Jambi, Selasa.

Hilal yang juga ketua pelaksana penerimaan beasiswa tersebut mengungkapkan, beasiswa sekolah pilot tersebut diperuntukkan bagi putra-putri asal Provinsi Jambi yang memiliki minat, bakat, dan kemampuan menjadi seorang pilot.

"Beasiswa ini nantinya diberikan untuk sepuluh anak Jambi yang ingin menjadi pilot. Jadi masing-masing mendapatkan sekitar Rp650 juta yang sumber dananya berasal dari APBD Provinsi Jambi," katanya.

Pembukaan beasiswa pilot yang sedang berjalan ini bertujuan untuk memunculkan Sumber Daya Manusia (SDM) asal Jambi yang siap menjadi seorang pilot. Selain itu, beasiswa ini dibuka mengingat Jambi akan memiliki bandara internasional.

"Sepuluh orang siswa yang lulus tahap seleksi nantinya akan menempuh pendidikan di Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (LP3) Banyuwangi, di bawah naungan UPTD," katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi yang mewakili Pemprov Jambi sedang melayangkan surat kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk segera menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) terkait beasiswa tersebut.

"Sudah ada 34 orang yang mendaftar dan telah menjalani proses seleksi hingga menyisakan 24 orang yang siap melakukan seleksi selanjutnya. Saat ini tengah menunggu ditandatangani MoU," jelasnya.

Ia juga menyatakan akan menjamin penerimaan beasiswa pilot di Jambi akan berjalan sesuai prosedur dan transparan.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014