Peringatan HUT Batanghari Ke-66 Tahun 2014 Berjalan Khidmad

Oleh: Heriyanto

Jambi (ANTARA Jambi) - Rapat Paripurna Istimewa DPRD Batanghari dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Kabupaten Batanghari tahun 2014, Senin (1/12) berjalan khidmad.

Rapat paripurna tersebut dihadiri Gubernur Jambi Hasan Basri Agus dan Hj Yusniana Hasan Basri, anggota DPR dan DPD RI, anggota DPRD Provinsi Jambi daerah pemilihan Batanghari, Wali Kota dan Bupati se-Provinsi Jambi yang mewakili dan undangan lainnya.

Bupati Batanghari Sinwan SH dalam sambutannya mengatakan, peringatan ulang tahun ini merupakan peristiwa rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Kesan ini seolah-olah hanya merupakan rutinitas dari perjalanan sejarah sebuah daerah.

"Namun, di sisi lain, bila kita tinjau dari aspek penting waktu, sekecil apapun perubahan akan menjadi sesuatu yang amat berharga untuk kita syukuri. Dengan demikian momentum HUT Batanghari ke-66 ini harus kita manfaatkan untuk meraih hikmah filosofis yang bermakna retrospektif," kata Sinwan.

Ia mengatakan, tidak terasa tahun ini merupakan tahun keempat program "Batanghari Berlian" dan tahun pertama dirinya menjabat sebagai Bupati Batanghari defenitif.

Tentunya apa yang sudah dikerjakan saat ini merupakan kelanjutan dari program pembangunan yang telah disusun dalam RPJMD 2011-2016 bersama bupati sebelumnya H Abdul Fattah SH.

"Saya tetap berkomitmen di sisa waktu pemerintahan yang hanya tinggal satu tahun lagi, insyaallah 'Batanghari Berlian 2016' bisa kita wujudkan," ujarnya.

Menurut dia, melalui berbagai ikhtiar antara masyarakat, dunia usaha, para pihak dan setiap entintas pemerintah selama ini, telah mengatar pembangunan daerah dan terus mengalami kemajuan.

Berbagai kemajuan tersebut, merupakan hasil kerja keras, kesungguhan, komitmen, kebersamaan dan keberpihakan kepada masyarakat serta pengkhidmatan mewujudkan "Batanghari Berlian 2016".

Ia menjelaskan, selama tahun 2014, Kabupaten Batanghari telah meraih beberapa penghargaan. Di berbagai bidang pembangunan daerah, antara lain telah berhasil mempertahankan Opini Wajar Ranpa Pengecualian (WTP) untuk yang kedua kalinya terhadap laporan keuangan daerah tahun 2012-2013 dari BPK RI.

Predikat WTP yang telah diperoleh tersebut pada dasarnya merupakan penghargaan tertinggi dalam pengelolaan keuangan daerah yang harus dipertahankan dari tahun ke tahun. Selanjutnya tim penggerak PKK Batanghari berhasil meraih Pakarti Utama II lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional dari Ketua Tim Penggerak PKK pusat.

Selanjutnya juara umum lomba masakan serba ikan tingkat nasional pada acara jambore PKK tingkat nasional di Jakarta, kemudian Batanghari meraih juara umum MTQ Ke-44 tingkat Provinsi Jambi dan juara I lomba masak ikan tingkat SLTA se-Provinsi Jambi yang diwakili oleh SMA Zulhijjah Muarabulian dan masih banyak prestasi lainnya.

Selain itu, dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2015 mendatang, Pemkab Batanghari sejak tahun 2013 lalu telah membangun sarana dan prasarana olah raga seperti indoor tenis lapangan, pembangunan indoor basket, lanjutan pembangunan kolam renang serta pembangunan Gedung Olah Raga (GOR).

Atas semua keberhasilan tersebut, Batanghari patut bersyukur kepada Allah SWT. Oleh karenanya, melalui kesempatan ini Pemkab Batanghari menyampaikan terima kasih kepada jajaran birokrasi, baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa dan kelurahan.

"Karena tanpa birokrasi yang kompeten, loyal dan propesional, prestasi pemerintah tidak akan mungkin terukir dalam sejarah 'Bumi Sepucuk Bak Regam' tercinta ini," katanya lagi.

Sementara itu, ucapan yang sama juga ditujukan kepada segenap lapisan masyarakat, insan pers, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi pemuda, organisasi wanita, serta kalangan dunia usaha yang telah ikut berpartisipasi dalam peroses pembangunan Kabupaten Batanghari.

Disamping itu, atas nama Pemkab Batanghari mengucapkan "Dirgahayu" Kabupaten Batanghari yang ke-66. Semoga dapat menjadi momentum untuk dapat membangkitkan motivasi segenap masyarakat dari generasi ke generasi serta berbuat baik bagi pembangunan "Bumi Serentak Bak Regam" yang dicintai ini.

Ketua DPRD Batanghari M Mahdan S Kom mengatakan, Rapat Paripurna Istimewa DPRD memperingati HUT Kabupaten Batanghari ke-66 merupakan rapat istimewa yang pertama masa keanggotaan DPRD Kabupaten Batanghari periode 2014-2019.

Ada tiga tugas pokok dan fungsi DPRD yaitu, legilasi, anggaran dan pengawasan. Selain dari tugas pokok tersebut, DPRD juga dapat menjaring aspirasi masyarakat dalam penyelesaian permasalahan atau aspirasi yang disampaikan langsung kepada DPRD.

Sedangkan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus dalam kesempatan tersebut memberikan aspirasi terhadap Kabupaten Batanghari yang terus mengalami peningkatan dan kemajuan. Ia mengaku sangat menghargai kreatifitas dan semangat dalam melaksanakan pembangunan dalam rangka mencapai misi Kabupaten Batanghari, yakni "Batanghari Berlian 2016".(ADV/Ant/)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014