Jambi (ANTARA Jambi) - Bupati Merangin (Jambi) Al Haris, mengajak seluruh elemen masyarakat dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Merangin untuk mendukung dan mewujudkan Geopark Merangin meraih pengakuan dari UNESCO.

"Untuk mendapat pengakuan dan pengesahan Geopark dari UNESCO tidak lah mudah, untuk itu ayo bersama-sama mewujudkan agar Geopark diakui UNESCO sebagai warisan dunia," kata Haris di Merangin, Senin.

Selama ini, lanjutnya, belum ada kerjasama yang baik antara seluruh SKPD Merangin dan masyarakat secara keseluruhan. Untuk itu Dia meminta kerjasama semua lapisan masyarakat dijalankan dengan baik. Sehingga nantinya Geopark Merangin mampu menjadi jejaringan global Geopark Network.

Bupati mengungkapkan, untuk terus membenahi Geopark masih ada waktu, sebab peninjauan UNESCO terhadap Geopark Merangin baru akan dilakukan tahun 2017 nanti. Jadi manfaatkan waktu yang singkat ini dengan baik.

Di samping itu, seluruh masyarakat terutama masyarakat Desa Air Batu dan sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi Geopark diharapkan bisa berperan aktif, yakni peduli terhadap Geopark Merangin.

"Jadi seluruh masyarakat harus bertanggungjawab terhadap keutuhan Geopark Merangin. Larang oknum yang berniat merusak keaslian Geopark. Tolong jaga dan lestarikan fosil-fosil Geopark, jangan sampai rusak," ujarnya.

Selain itu, bagi oknum masyarakat yang masih berani melakukan aktivitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) terutama di kawasan Geopark Merangin, bupati menegaskan tidak akan segan-segan menindak secara hukum, siapapun oknum tersebut.

Bahkan pelakunya akan dikenakan pasal berlapis, karena akan banyak rentetan dampak yang akan ditimbulkan dari aktivitas PETI di kawasan Geopark Merangin itu.

Saat ini, Pemkab Merangin tengah serius memperjuangkan Geopark Merangin agar diakui dunia. Berbagai upaya terus dilakukan, termasuk membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Geopark Merangin.

Bupati juga berterimakasih kepada seluruh masyarakat atas kerjasama dan partisipasi yang baik, sehingga dua tahun lalu Geopark Merangin telah diresmikan sebagai Geopark Nasional. Saat ini tinggal upaya agar diakui dunia.

"Untuk tingkat nasional telah kita raih, sekarang tinggal memperjuangkan bagaimana Geopark bisa diakui dunia. Jika telah diakui UNESCO percayalah perhatian dunia akan tertuju ke Merangin," katanya. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015