JAMBI (ANTARA Jambi) - Dewan Kesenian Jambi (DKJ) mengadakan musyawarah besar (Mubes) dalam pemilihan ketua umum periode 2015-2018 di Taman Budaya Jambi, Kota Jambi, Rabu malam.

Ketua panitia mubes DKJ, M Husairi mengatakan, pada pemilihan ketua umum DKJ tersebut ada tiga kandidat yang akan maju diantaranya Fahmi, Iip Ropani dan Firdaus.

"Dari tiga kandidat itu yang mendeklarasikan untuk maju baru dua yaitu, Fahmi dan Iip Ropani,"kata Husairi.

Pada pemilihan ketua DKJ itu akan dilakukan tata tertib (Tatib)  mubes yang dilangsungkan selama tiga hari dan akan diikuti peserta dari perwakilan sanggar atau komunitas mulai dari seni tari, rupa, teater dan lainnya, serta dari  utusan setiap kabupaten/kota Provinsi Jambi.

"Dihari pertama itu peserta mubes itu melakukan registrasi dan selanjutnya akan dilakukan sidang pleno I tentang penetapan tata tertib mubes,"jelas Husairi atau yang biasa dipanggil cek gu.

Selanjutnya dihari kedua akan dilangsungkan sidang pleno II dan II tentang Laporan pertanggung Jawaban Pengurus DKJ periode sebelumnya.

"Sidang pleno ke IV itu pengesahan tatib dan pemilihan formatur (ketua umum) DKJ,"katanya.

Sementara itu Sekertaris Daerah Provinsi Jambi, Ridham Priskap mengatakan, DKJ tersebut merupakan suatu wadah para seniman, dan ia juga berharap dengan adanya wadah tersebut nantinya para seniman dan pemerintah agar dapat terus bekerja sama dalam membangun potensi seni dan budaya di Jambi.

"Budaya Jambi harus berkembang dan itu tentunya harus ada kerja sama antara pemerintah dan seniman,"kata Ridham dalam sambutannya pembukaan mubes DKJ.

Selain itu, salah satu kandidat ketua umu DKJ, Fahmi mengatakan, DKJ tersbut merupakan suatu wadah sebagai jembatan antara seniman dengan program-program pemerintah.

"Kalau kita bandingkan dengan daerah lain, karena daerah lain lebih cepat berkembang, jida kita  harus berpacu untuk memajukan seni dan budaya di Jambi,"katanya.

Fahmi menyatakan, jika dirinya terpilih dipercaya untuk menjadi ketum DKJ, pihaknya akan langsung membentuk DKJ di Kabupaten/kota Provinsi Jambi. (Ant)

Pewarta: Gressi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015