Merangin (ANTARA Jambi) -  Kabupaten Merangin mendapatkan bantuan sebanyak 50 unit mesin pompa air dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian yang diserahkan  Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dan diterima  Wakil Bupati  H A Khafid Moein di Jambi pada 6 September 2016. 

"Bantuan sebanyak 50 unit mesin pompa air ini diberikan secara bertahap, yakni 20 unit yang akan diserahkan sekitar dua pekan mendatang sebagai gelombang pertama dan 30 unit lainnya akan menyusul," kata Wabub Merangin di Bangko,  Kamis.

Sementara itu usai acara jamuan makan malam, yang dihadiri Gubernur Jambi H Zumi Zola itu, Wabup sempat beraudensi dengan Mentan terkait pembangunan bidang Pertanian di Kabupaten Merangin. Audensi terbuka itu, juga diikuti para bupati/walikota se-Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi mengatakan, permasalahan yang sangat dominan di sektor pertanian berada di bidang teknis, diantaranya adalah puluhan ribu hektare sawah di provinsi ini  adalah tadah hujan.

Kondisi ini tentu membutuhkan suatu inovasi teknologi yang sedang diupayakan oleh pemerintah Provinsi Jambi. Salah satu program Provinsi Jambi adalah satu excavator untuk satu kecamatan.

Excavator  bisa digunakan oleh masyarakat yang diatur oleh kepala desa (Kades) atau lurah dan dimonitor oleh camat untuk membuka lahan termasuk untuk mencetak sawah.

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016