Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 4.000 anak-anak dari pendidikan usia dini (PAUD) di Kota Jambi, Minggu, memecahkan Rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) untuk kegiatan belajar memakai pakaian secara mandiri.

Ribuan anak dari berbagai PAUD di Kota Jambi itu belajar memakai busana/pakaian secara mandiri yang dilaksanakan di sepanjang Jl Zainir Havis, komplek perkantoran pemerintah Kota Jambi.

"Alhamdulillah pada tahun 2016 ini kita menambah satu lagi rekor MURI untuk 4.000 siswa/siswi PAUD dalam belajar berbusana secara mandiri, pemecahan rekor MURI ini adalah kebanggaan kita bersama," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Ribuan anak yang terlibat dalam pemecahan rekor MURI tersebut, secara mandiri memakai pakaian mereka mulai dari memakai baju berkancing (kemeja), membuka baju dan kembali merapikannya serta melipat pakaian.

Walikota mengatakan, kegiatan seperti ini tidak hanya terbatas pada acara seremonial saja, namun juga harus memiliki makna yang lebih mendalam bagi anak-anak usia dini dan orang tua.

"Tentunya memiliki anak yang mandiri dan cerdas merupakan imipian setiap orang tua, apalagi ke depan anak-anak kita ini akan menghadapi persaingan yang semakin berat khususnya pada dunia kerja," katanya.

Bekal kemandirian yang didapatkan oleh anak-anak usia dini tersebut akan membentuk pribadi secara mandiri, cerdas, kuat dan percaya diri, sehingga anak-anak tersebut akan lebih siap menghadapi masa depan dan perkembangan zaman yang penuh dengan persaingan, kata Fasha menjelaskan.

"Kemandirian harus diperkenalkan kepada anak sedini mungkin, dan kemandirian itu jika ditanamkan sejak dini, maka anak akan terhindar dari sifat ketergantungan pada orang lain dan yang lebih penting adalah menumbuhkan keberanian dan motivasi anak-anak kita," katanya lagi.

Sementara itu, Deputi Manager MURI Awan Rahargo yang secara langsung menyerahkan penghargaan rekor tersebut mengatakan, Kota Jambi berhasil mencatat rekor MURI yang tercatat pada nomor 7599 dengan kegiatan belajar berbusana secara mandiri yang melibatkan ribuan anak usia dini.

Penghargaan rekor MURI yang diberikan tersebut merupakan kegiatan superlatif baru pertama kalinya yang dilakukan di Indonesia.

"Dengan ini kami nyatakan Kota Jambi berhasil mencatatkan rekor MURI pada nomor urut 7599 dengan kegiatan belajar berbusana secara mandiri terbanyak oleh anak usia dini," kata Awam.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016