Merangin (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Merangin Provinsi Jambi memperingati hari Sumpah Pemuda ke-88 di halaman depan Kantor Bupati Merangin, Jumat.

Upacara dipimpin Sekda H Sibawaihi yang dihadiri sejumlah pejabat di kabupaten itu. 

Sekda membacakan sambutan Bupati Merangin H Al Haris, menguraikan  saat mendengar pidato Bung Karno ‘Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia’.

"Kita mungkin sempat bertanya-tanya, apakah mungkin dan bagaimana caranya hanya dengan 10 pemuda, sebuah negara bisa menguncang dunia? Jawabannya akan kita temukan melalui fakta-fakta yang ada," Kata Bupati Al Haris mengutip pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI Iman Nahrawi.

Data demografi Indonesia menyebutkan bahwa jumlah pemuda di Indonesia usia antara 16-30 tahun berjumlah 61,8 juta orang atau 24,5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta orang.

Secara kuantitas angka 24,5 persen cukuplah besar, ditambah lagi dalam waktu dekat ini mulai 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang langka yang disebut dengan Bonus Demografi.

Dimana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini, yaitu mencapai 64 perseb dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.

"Bung Karno hanya membutuhkan pemuda-pemuda unggul, yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia. Rio Haryanto salah seorang pemuda Indonesia mampu naik ke level tertinggi balap mobil Internasional F1," Terang Bupati.

Baru disadari kalau pernyataan Bung Karno bukan isapan jempol memata, seluruh mata dunia terbelalak, dunia balap internasional seolah tidak percaya ada anak Indonesia yang berhasil menembus balap paling bergengsi dunia.

Begitu juga dengan Owi-Butet anak muda berusia 27 dan 30 tahun yang mampu mengembalikan tradisi emas di ajang Olimpiade Rio De Jeneiro Brazil melalui cabang olahraga bulutangkis dan banyak lagi prestasi pemuda Indonesia yang mampu mengguncang dunia.

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda itu diikuti barisan dari Pramuka, Pelajar, Paskibraka, Karangtaruna, Korpri, Satpol PP, Polisi, Brimob dan TNI. Sebelum sambutannya, bupati memberi penghargaan kepada tiga orang pemuda Merangin berprestasi.

Ketiga pemuda Merangin itu,  Aldi Tri Kurniawan  paskibraka nasional, Qori Munawaroh paskibraka Provinsi Jambi dan Nirwana Novasiska  paskibraka Kabupaten Merangin. Tiga pemuda ini telah berjasa mengibarkan bendera pada HUT RI, 17 Agustus lalu. 

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016