Jambi (ANTARA Jambi) - Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan bahwa produk-produk lokal yang dihasilkan pelaku usaha di daerah itu harus selaras dengan kearifan lokal sehingga mampu bersaing di pasaran.

Hal itu dikatakannya usai membuka pameran produk yang dikemas dalam "Jambi Tuntas Expo" tahun 2017 dalam rangka memeriahkan HUT ke-60 Provinsi Jambi, di halaman kantor Gubernur Jambi, Jumat.

"Pameran ini tentunya sangat positif untuk mengangkat produk-produk lokal atau daerah yang berbasis pada kearifan lokal," kata Fachrori.

Wagub mengatakan pameran ini akan berlangsung hingga 10 Januari mendatang, yang diikuti oleh seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi dan kabupaten/kota.

Dirinya berharap agar nilai-nilai yang digali dari khasanah sosial atau budaya tetap selaras dengan karakteristik dan ciri-ciri khas masyarakat setempat, sehingga mampu bersaing dalam skala nasional maupun global tanpa menggerus kearifan lokal daerah.

Ajang "Jambi Tuntas Expo" katanya juga dapat menjadi wadah dan sarana interaksi serta temu bisnis antara pelaku usaha atau produsen dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi dan luar Jambi dengan calon bayer atau konsumen.

Selain itu, lanjutnya, ajang pameran juga dapat mendorong kreativitas dan inovasi para pengrajin atau produsen, serta membina produk unggulan daerah/tradisional agar senantiasa menghasilkan produk-produk yang diminati pasar dan mempunyai daya saing tinggi di pasaran.

Pameran "Jambi Tuntas Expo" mengangkat tema "kita tingkatkan daya saing daerah untuk mewujudkan Jambi tuntas 2021", melalui pendekatan pengembangan ekonomi lokal dan daerah yang berfokus kepada pemanfaatan dan optimalisasi sumber daya dan kompetensi daerah.

"Pendekatannya ke wilayah pembangunan kemitraan dan pemanfaatan potensi lokal dalam menggerakkan perekonomian daerah, tujuannya untuk mengatasi persoalan kemiskinan pengangguran dan menciptakan pembangunan berkelanjutan di tengah arus ekonomi global," kata Fachrori.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017