Jambi, Antarajambi.com - Penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tugu Juang Kota Jambi dianggarkan sebesar Rp5,1 miliar oleh Pemprov Jambi dan ditargetkan rampung diakhir tahun anggaran 2017.

"Di tahun 2017 ini kita rencanakan untuk membangun satu RTH di Tugu Juang ini, dan juga kita akan membangun di Kawasan Tanggo Rajo (Ancol Jambi)," kata Gubernur Jambi Zumi Zola dalam kunjungannya di kawasan Tugu Juang, Selasa.

Zola merencanakan penataan yang lebih baik lagi terhadap RTH Jambi, supaya lebih bagus, lebih indah dan lebih nyaman untuk dinikmati okeh masyarakat.

Penataan Tugu Juang atau tugu Pahlawan Jambi Ini sejalan dengan yang diharapkan oleh Legiun Veteran Jambi, yang menginginkan supaya lebih terlihat nilai-nilai perjuangan di sini.

"Mungkin saat ini kurang terawat kondisinya, padahal potensinya luar biasa, kita sudah punya konsepnya, mulai dari lahan parkirnya, teaternya, tempat untuk masyarakat seni, galeri dan kuliner. Tempat masyarakat untuk senam pagi kita siapkan juga," katanya menjelaskan.

"Kita betul-betul memanfaatkan lahan yang ada ini, dan Taman Tugu Juang ini bisa lebih terlihat. Banyak fasilitas yang akan kita tawarkan kepada masyarakat," katanya lagi.

Zola menegaskan khusus untuk tugu Juangnya tidak akan dirombak, namun tetap mempertahankannya karena ada nilai historis perjuangan pejuang Jambi.

"Masyarakat bisa melihat monumennya seperti ini, nilai historisnya, nilai kepahlawanaan dari pahlawan-pahlawan dari Jambi ini. Nanti kita buat beberapa bangunan lagi, seperti reliefnya yang mengandung nilai-nilai perjuangan. Jadi Tugu Juang itu harus ada nilai perjuangannya," ujarnya.

Selain Tugu Juang, Zola menyatakan juga akan meningkatkan penataan Kawasan Tanggo Rajo (Kawasan Ancol Jambi) dan lapangan Eks MTQ serta Taman Anggrek di komplek perkantoran gubernur.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017