Jambi, Antarajambi.com - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi menyatakan sebanyak 279 siswa dan siswi tingkat SMA/SMK di daerah itu mengikuti ujian susulan karena pada pelaksanaan pekan lalu mereka tidak mengikutinya dengan berbagai alasan.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, M Tabri di Jambi, Selasa, mengatakan ratusan siswa yang melaksanakan ujian susulan dikarenakan sejumlah faktor, mulai dari kesehatan hingga putusnya akses jalan dikarenakan banjir.

"Yang tidak berkesempatan ujian, hari ini mereka telah mengikuti ujian susulan, ada sebagian anak yang mengalami kecelakaan, dan kita dampingi ujiannya di rumah sakit," kata Tabri.

Untuk pelaksanaan UN susulan kata Tabri dilaksanakan mulai tanggal 18-22 April. Ujian susulan ini dipastikan soal akan berbeda dengan soal yang dilaksanakan sebelumnya. Namun menurut Tabri masih dalam cakupan kisi-kisi yang sudah disusun.

"Paket jelas berbeda, tapi kisi-kisi dan tingkat kesulitan dan kemudahan tetap sama," ujarnya.

Tabri mengaku tidak ada aturan baku dari pemerintah pusat. Karena sepenuhnya pihak sekolah diberikan hak melalui rapat majelis guru.

Meskipun ratusan siswa ini melakukan ujian susulan, Tabri mengatakan untuk kelulusan nantinya akan diumumkan serentak dengan siswa yang melakukan ujian dengan jadwal yang sama.

"Dipastikan kelulusan diumumkan pada bulan Mei, pengumumannya dilakukan serentak," katanya menambahkan.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017