Jambi, Antarajambi.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, berupaya melakukan perbaikan ruas jalan di Kecamatan Sungai Bahar, mulai dari simpang Tempino hingga Sungai Bahar.

Perbaikan yang dilakukan saat ini bersifat penanganan darurat. Kegiatan ini dilakukan menjelang Pekerjaan secara kontraktual dilaksanakan.

Sebanyak dua fleet alat berat atau sekitar sepuluh unit alat milik Dinas PUPR diterjunkan di sepanjang ruas jalan Tempino -Bahar, untuk mengatasi kerusakan jalan secara cepat.

Kepala Bidang Binamarga Dinas PUPR Provinsi Jambi, Budi mengatakan bahwa upaya penanganan darurat ini sudah dilaksanakan sejak pertengahan bulan maret lalu, namun dikarenakan cuaca yang kurang mendukung sehingga menghambat pekerjaan, namun pihaknya secara kontinyu melakukan perbaikan jalan.

"Sejak maret lalu kita sudah kerja, namun kita ketahui cuaca hujan terus, makanya penanganan memang belum maksimal, namun tetap kita upayakan terus," kata Budi, Rabu.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Dodi Irawan mengungkapkan, upaya penanganan darurat ini terus dilakukan hingga pekerjaan secara kontraktual dilakukan di minggu pertama bulan Mei mendatang.

Dijelaskan Dodi, pada tahun anggaran 2017 ini, pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas PUPR telah mengalokasikan dana seesar Rp32 miliar untuk ruas jalan sepanjang 28,283 kilometer dimulai dari simpang Penerokan sampai Sungai Bahar. Konstruksi jalan dikerjakan jenis rigit beton di titik-titik jalan rawan rusak dengan total 4 kilo meter.

"Pelaksanaan pekerjaan secara kontraktual akan kita laksanakan pada minggu pertama bulan Mei 2017, dengan dana sekitar Rp32 miliar," katanya.

Dodi merincikan, dari panjang jalan 28,283 kilometer itu, 9,67 kilometer diantaranya dalam kondisi rusak ringan dan 6,23 rusak berat.

Idealnya anggaran yang dibutuhkan untuk mengatasi semuanya itu sekitar Rp119,250 miliar. Namun karena keterbatasan anggaran, maka pekerjaan dilakukan secara bertahap.

Meski demikian, Dinas PUPR katanya tetap akan melakukan penanganan bersifat darurat pada ruas jalan yang belum dianggarkan dengan mengandeng perusahaan swasta yang ada di wilayah itu.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017