Jambi, Antarajambi.com - Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang dipusatkan di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Senin, diikuti 800 orang lanjut usia (lansia) dan dihadiri langsung Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa,

Selain Mensos dan rombongan kementerian, peringatan HLUN juga dihadiri Gubernur Jambi Zumi Zola bersama istri, Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar beserta istri, Bupati Merangin Al Haris serta para bupati/walikota se-Provinsi Jambi.

"Rangkaian HLUN mulai dilaksanakan pada April sampai Mei ini. Banyak kegiatan sosial kita lakukan untuk para Lansia kita. Pada tahun ini HLUN kita laksanakan di Kabupaten Merangin," kata Mensos.

Dalam kegiatan yang digelar di pelataran komplek Islamic Center Merangin itu, Mensos menyerahkan sederetan bantuan untuk para lansia di Tanah Air.

Diantaranya bantuan bedah rumah Lansia untuk Kabupaten Jombang sebanyak 15 unit, Kabupaten Toli-Toli sebanyak 20 unit, Kabupaten Masuji sebanyak 20 unit, Kabupaten Benteng sebanyak 15 unit dan Kabupaten Merangin sebanyak 25 unit.

Selain bantuan bedah rumah, Mensos juga menyerahkan bantuan paket sembako, kaca mata, buku doa, alat musik rebana dan bantuan lainnya kepada Lansia di Kabupaten Merangin. Mensos juga meresmikan Senam Taichi sebagai senamnya lansia.

Sebelumnya, Mensos bersama gubernur dan bupati Merangin serta rombongan, mengunjungi pemukiman Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Sialang Kecamatan Pamenang.

Di pemukiman SAD yang tidak layak huni itu, Mensos meresmikan "rumah pintar" untuk anak-anak SAD dan berharap anak-anak harus pintar dan bersekolah.

Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, Mensos paling sering turun ke Provinsi Jambi, beberapa waktu lalu ke Merangin untuk acara Keluarga Harapan, ke Batanghari resmikan panti rehabilitasi Narkoba, ke Sarolangun acara Suku Anak Dalam dan sekarang ke Merangin acara HLUN.

"Kita sangat berterimakasih sekali kepada Ibu Menteri yang sering-sering ke Jambi memberikan bantuan. Pada acara ini hadir ratusan Lansia, keberadaan mereka sangat penting karena tanpa ada Lansia, bupati dan gubernur tidak dapat melakukan pembangunan," kata Zola.

Sementara itu, Bupati Merangin Al Haris mengatakan bahwa pada peringatan HLUN tersebut, hadir Lansia bernama Salmah berusia 126 tahun dan para lansia lainnya yang usianya lebih dari 100 tahun.

"Hormati dan angkat derajat dan martabat para Lansia kita, sehingga terwujud hidup bermartabat di usia senja, Lansia sejahtera. Saya berterimakasih kepada Ibu Mensos yang telah mempercayai Merangin sebagai tuan rumah HLUN," kata bupati.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017