Jambi, 15/6 (Antara) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenenagakerjaan Cabang Jambi menyalurkan sebanyak 350 paket sembako murah untuk masyarakat pekerja di Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi, Kamis.

"Dengan adanya paket sembako murah ini diharapkan dapat meringankan tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok menjelang Lebaran 2017," kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jambi, Mayriwan Ekaputra.

Paket sembako murah yang berisi beras, mintak goreng, gula, susu kental manis, teh, dan garam itu telah disubsidi sebesar 50 persen sehingga masyarakat dapat membelinya dengan harga Rp75 ribu atau lebih murah dari harga normal Rp150 ribu.

Sedangkan untuk dapat membeli paket sembako murah tersebut masyarakat hanya cukup menunjukan kartu kepesertaan, katanya.

Namun bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai kepesertaan juga masih dapat membeli paket sembako murah tersebut dengan syarat terlebih dahulu mendaftar dengan membawa fotokopi KTP untuk mendaftar menjadi kepesertaan dalam kategori tenaga kerja informal.

"Hanya dengan membayar iuran sebesar Rp16.800 tenaga kerja informal sudah terlindungi dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)," katanya menjelaskan.

Sementara itu dipilihnya Kecamatan Pelayangan sebagai tempat digelarnya pasar sembako murah tersebut karena di wilayah kecamatan itu terdapat 500 tenaga kerja informal yang tergabung dalam UKM dan telah terdaftar menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjanaan.

"Penyaluran sembako murah tersebut selain sebagai membantu meringankan beban pekerja juga sebagai bentuk bentuk partisipasi kami dalam menjaga stabilitas harga pangan yang cenderung meningkat menjelang Lebaran," kata Mayriwan.
***3***






(T.KR-DDS/B/B015/B015) 15-06-2017 17:00:50

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017