Jambi, Antarajambi.com - Ratusan personil dari Polresta Jambi dan jajarannya dilibatkan langsung untuk mengawal jalannya pelaksanaan malam takbiran keliling dengan tema `Karnaval Takbiran 2017` yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Jambi.

Kapolresta Jambi, AKBP Fauzi Dalimunthe melalui Plt Kasubag Humas, Brigadir Polisi Alamsyah Amir, di Jambi Sabtu malam, mengatakan untuk memperlancar jalannya pelaksanaan malam takbiran keliling yang digelar pemerintah kota, ratusan personil kepolisian khususnya lalu lintas dibantu pihak Dinas Perhubungan Kota Jambi turun langsung mengawal pelaksanaan karnaval Tabiran 2017.

Para personil kepolisian dan petugas dari Dinas Perhubungan Kota Jambi ditempatkan disetiap jalan utama yang akan dilalui oleh ratusan kendaraan mobil yang meramaikan pelaksanaan malam takbiran keliling dengan mengambil star dari depan kantor Wali Kota Jambi dan berakhir di depan rumah dinas Wali Kota yang berjarak kurang lebih 10 km.

"Penempatan personil kepolisian lalu lintas untuk membantu agar jalur lalu lintas dan pelaksaan karnaval tabkiran itu bisa berjalan dengan lancar dan tidak terjadi kemacetan yang dapat menganggu arus lalu lintas khususny di jalan protokol," kata Alamsyah Amir.

Satuan Lalu Lintas Polresta Jambi dapat mengatur agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas saat masyarakat mengikuti pawai takbiran keliling Kota Jambi untuk memeriahkan malam tabiran menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pihak kepolisian juga mengimbau kepada para peserta malam takbiran keliling dapat bersama-sama menjaga keamanan dan kelancaran jalur lalu lintas yang dilalui serta bila terjadi sesuatu jangan cepat terprovokasi. Kegiatan Karnaval Takbir Keliling tersebut dikemas dengan berbagai kegiatan seru dan menarik khas tradisi malam lebaran, seperti kendaraan hias dari seluruh masjid, kelurahan, instansi pemerintah dan swasta, maupun masyarakat umum dan kegiatan festival seni nuansa Islami.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan pada tahun 2017 ini, Pemerintah Kota Jambi kembali melaksanakan kegiatan tersebut mulai pukul 20.00 WIB, bertempat depan kantor Wali Kota atau tepatnya di Tugu Jam Monas Pedesterian Jomblo Kotabaru.

"Kami ingin membuat kegiatan takbir keliling di Kota Jambi ini lebih meriah, menarik, atraktif, dan menghibur masyarakat Kota Jambi, namun tidak meninggalkan cita rasa nuansa Islaminya," kata Fasha.

Selain itu kegiatan Karnaval Takbir Keliling ini juga kita harapkan dapat mencegah terjadinya kemacetan dimana-mana dan potensi kecelakaan lalu lintas akibat konsentrasi masyarakat diberbagai wilayah dalam Kota Jambi dan pihak Pemerintan Kota sudah berkoordinasi dengan Polresta Jambi dan TNI yang turut membantu mengawal pelaksanaan malam tabiran tersebut.

Ratusan kendaraan hias roda empat dari berbagai instasi pemerintahan kota maupun elemen masyarakat seperti masjidm kelompok pengajian terlihat sangat bersemangat melakskanakannya.


Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017