Jambi, Antarajambi.com - Pihak pengelola Kebun Binatang Taman Rimba Jambi, Provinsi Jambi, menargetkan dapat mendatangkan 60.000 orang pengunjung selama liburan lebaran Idul Fitri tahun ini.

"Untuk target kami pada liburan hari raya tahun ini, selama delapan hari dapat menarik pengunjung hingga 60.000 orang," kata Kasubag TU Taman Rimba Jambi, Nova Angelia dihubungi di Jambi, Selasa.

Dia mengatakan target tersebut cukup realistis karena keberadaan kebun binatang yang merupakan satu-satunya di Jambi itu, masih menjadi alternatif masyarakat dalam mengisi liburan bersama keluarga saat hari libur.

Menurutnya puncak lonjakan pengunjung pada libur lebaran tahun ini terjadi hari ini (Selasa) hingga Minggu atau sehari sebelum memasuki berakhirnya masa libur dan cuti bersama.

"Sejak pagi pengunjung telah terlihat mulai berdatangan dan mengantre di loket," kata dia.

Berwisata di Kebun Binatang tersebut para pengunjung dapat ber-swafoto dengan aneka satwa dan juga dapat bersantai bersama keluarga. 

Selain itu dalam menarik kunjungan pihak pengelola juga memberikan hiburan tambahan berbagi sensasi pengalaman dengan memanjakan pengunjung untuk memberikan makanan langsung kepada satwa dengan sistem waktunya memberi makan (fidding time).

Dan untuk dapat memberikan langsung makan kepada satwa tersebut, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp5.000 untuk setiap bungkus makanan satwa.

"Untuk memberikan makanan satwa itu hanya berlaku satu kali pada siang hari bagi pengunjung yang beruntung dapat memberi makan satwa buas seperti singa dan harimau," ujar Nova.

Selain itu untuk keamanan dan keyaman pengunjung, pihaknya bekerjasama dengan pihak TNI, Polri dan Satpol-PP melakukan pengaman di sekitar kawasan kebun binatang yang letaknya persis di depan terminal Bandara Sultan Thaha Jambi itu.

"Di dalam kawasan juga dilengkapi beberapa CCTV yang tersebar disetiap sudut kawasan," katanya.

Sementara itu sesuai dengan Perda perubahan PAD No 6 tahun 2015, tarif karcis masuk pengunjung dewasa di hari biasa Rp8.000/orang.

Sedangkan karcis pada hari libur menjadi Rp10.000/orang. Sementara untuk karcis pengunjung anak-anak masih normal yakni Rp5.000/orang.

Kebun Binatang Taman Rimba Jambi yang berlokasi persis di depan terminal Bandara Jambi itu memiliki 400 koleksi jenis satwa langka.

Jenis satwa yang dikoleksi kebun binatang kebanggaan masyarakat Jambi tersebut diantaranya mulai satwa aves (unggas), mamalia dan reptil.(Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017