Jambi, Antarajambi.com - Pemerintah Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, berupaya mempercepat pengembangan wisata Geopark Merangin di kabupaten itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Wakil Bupati Merangin Khafid Moein dihubungi dari Jambi, Kamis, mengatakan pihaknya terus berupaya mendorong percepatan pengembangan wisata geopark karena potensinya luar biasa.

Ia mengatakan potensi Geopark Merangin memang sangat luar biasa. Apalagi saat ini pengelolaan potensi wisata Geopark Merangin itu sudah dilengkapi kearifan lokalnya, dengan terlibatnya para pengrajin, seperti pengrajin kursi, meja asbak rokok, dan lainnya.

"Insya Allah pada 2017 lokasi Geopark Merangin akan diadakan event internasional Arung Jeram dan event nasional Off road, adventure motor trail, dan sepeda gunung," kata Khafid.

Untuk mempercepat pengembangan lokasi wisata Geopark Merangin, Wabup mengajak seluruh lembaga pendidikan dan masyarakat untuk ikut berperan aktif menyosialisasikannya. Paling tidak di lingkungan masyarakat terdekatnya.

Kawasan Geopark Merangin itu terletak di desa Air Batu dan Dusun Baru, kecamatan Renah Pemberap. Di kawasan geopark ada fosil membatu yang berumur 350 juta tahun.

Pemkab setempat sudah beberapa kali mengajukan Geopark Merangin ke UNESCO sebagai warisan dunia, namun karena masih banyak yang harus dibenahi maka kawasan itu hingga saat ini belum bisa ditetapkan sebagai warisan dunia.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017