Jambi, Antarajambi.com - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi menyatakan Jamaah Calon Haji (JCH) provinsi itu akan menginap semalam di Asrama Haji Jambi yang baru dibangun, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Berdasarkan keputusan bersama, asrama haji yang baru akan dimanfaatkan. Kemungkinan tiga lantai digunakan untuk penginapan jamaah sebelum diberangkatkan," kata Humas Kemenag Provinsi Jambi, M Thoif di Jambi, Kamis.

Asrama Haji Jambi baru itu dibangun lima lantai setara dengan hotel bintang lima karena juga dilengkapi restoran dan cafe syariah.

Pembangunan ini bertujuan meningkatkan pelayanan jamaah di Provinsi Jambi karena bangunan lama tidak lagi mampu menampung jamaah saat musim haji. Namun saat ini bangunan baru itu baru bisa digunakan di tiga lantai.

Thoif mengatakan setiap kloter selisih satu hari masuk asrama. Sebab itu penggunaan tiga lantai di Asrama Haji yang baru itu tidak menjadi masalah.

Dia juga menjelaskan, tahun ini Provinsi Jambi memberangkatkan sebanyak 2.922 jamaah calon haji ditambah 35 orang petugas yang terbagi enam kloter.

Proses pemberangkatan kloter pertama akan dimulai pada Kamis 17 Agustus 2017, yaitu masuk asrama haji pukul 13.00 WIB. Kemudian Jumat 18 Agustus 2017 pukul 15.00 WIB berangkat menuju Batam dan pada pukul 20.20 WIB dari Batam berangkat menuju Arab Saudi.

"Kemudian disusul oleh kloter selanjutnya yang berselisih satu hari, yakni pada Jumat 18 Agustus 2017 mulai masuk asrama haji. Bila ditotal proses pemberangkatan semua kloter sampai pada Kamis 24 Agustus 2017," katanya menjelaskan.

Saat ini lanjut dia, sedang berlangsung proses pesiapan keberangkatan, sebelum diberangkatkan berbagai persiapan juga sudah diberikan kepada jamaah calon haji.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017