Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola minta bupati/walikota di wilayahnya untuk bersama-sama membangun jalan ke sentra produksi pertanian, perkebunan dan perikanan sebagai upaya mengurangi biaya operasional petani.

"Pemkab/Pemkot harus bersinergi dengan Pemprov dalam membangun/memperbaiki jalan menuju sentra-sentra produksi untuk memudahkan petani dan mengurangi biaya operasional, yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan para petani dan nelayan," katanya di Kerinci, Rabu.

Saat membuka peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-45 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2017 di Kerinci itu, Zola juga memotivasi para petani agar terus meningkatkan hasil pertanian.

"Pemprov Jambi terus mendorong para petani agar meningkatkan produksi pertanian. Tanpa ada petani semua kebutuhan pangan tidak akan bisa terpenuhi. Sebab itu tidak berlebihan jika dikatakan petani dan nelayan adalah pahlawan untuk kita semuanya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu gubernur juga memberikan bantuan berupa alat-alat mesin pertanian (al sintan), bibit dan obat-obat tanaman. Pemberian bantuan ini juga ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Sebab itu dalam peningkatan harga barang pertanian, gubernur minta bupati/walikota agar segera memperbaiki jalan produksi. Menurutnya apabila bahan pertanian atau hasil pertanian dengan mudah dibawa ke lokasi akan mengurangi biaya dan otomatis bisa memperlancar para petani jual beli produksi pertanian.

Selain itu menurutnya, Hari Krida Pertanian merupakan bentuk ucapan terima kasih pemerintah kepada semua insan pertanian yang telah berjasa di bidang pertanian, mulai dari pelosok desa hingga kota besar.

Pemprov Jambi, lanjutnya, siap membantu para petani sejalan dengan program Nawacita Presiden dan program Pemprov Jambi yang salah satunya meningkatkan produktivitas pertanian.

Dikatakannya lagi, pemerintah perlu membuat payung hukum untuk para petani agar mereka merasakan kenyamanan dalam bercocok tanam serta menghindari alih fungsi lahan yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Salah satunya dengan membuat Peraturan Daerah (Perda) untuk melindungi keberadaan lahan pertanian mereka.

Gubernur juga berterima kasih kepada pihak yang terlibat dalam pertanian, perikanan, kehutanan, para penyuluh pertanian dan kelompok tani yang telah bersinergi dan berkerja keras dalam penyediaan bahan pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Jambi.

Sementara itu, Bupati Kerinci Adi Rozal, menjelaskan Hari Krida Pertanian sebagai support bagi para petani yang bermartabat dengan harapan supaya petani mampu mandiri di bidang pangan.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017