Jambi, Antarajambi.com - Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Singapura meningkatkan kerjasama dalam berbagai bidang terutama pengembangan infrastruktur seperti jalan, air dan listrik.

"Saya mengharapkan kerjasama dengan Pemerintah Singapura bisa mengembangkan berbagai hal, terutama mengembangkan infrastruktur di Provinsi Jambi," kata Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar usai pertemuan bersama Menteri Negara Departemen Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Singapura, DR Mohammad Maliki Osman di Jambi, Kamis.

Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih satu jam di ruang kerja Wagub Jambi itu, kedua pejabat membicarakan tentang peningkatan kerjasama dan Pemprov Jambi berharap Pemerintah Singapura dapat pula membuka peluang kerjasama yang saling menguntungkan.

"Kita berterima kasih atas kehadiran Pemerintah Singapura, kita berharap dengan pertemuan ini akan terjalin kerjasama terutama di bidang infrastruktur, jalan, air dan listrik. Kalau dulu pada tahun 1990 ada penerbangan langsung dari Jambi ke Singapura, diharapkan ke depan ada lagi mengingat banyak sekali masyarakat kita yang berangkat ke Singapura," kata Fachrori.

Fachrori berharap potensi Provinsi Jambi dapat dipertimbangkan di pasar Singapura terutama untuk peningkatan kerjasama di bidang pendidikan, pelayanan publik, wisata, perdagangan, serta pertukaran seni dan budaya.

Sebab menurutnya, Provinsi Jambi dan Singapura itu sudah seperti saudara, dimana banyak sekali dulunya barang dari Singapura ada di Jambi, dan Jambi sendiri memiliki potensi yang luar biasa yang bisa digali seperti kekayaan alam di Kabupaten Kerinci.

"Pelatihan pendidikan juga sangat kami sambut baik karena selama ini anak-anak kita melaksanakan magang di Jepang, dan kita sangat mendukung jika ada pelatihan ketenagakerjaan terhadap putra-putri Jambi di Singapura untuk meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM)," katanya menjelaskan.

Selain itu, kata Fachrori Pemerintah Provinsi Jambi telah bekerja keras menganggulangi asap yang saat ini sudah mulai ada. Pihaknya pun berharap kerjasama dari Pemerintah Singapura untuk bersama-sama menanggulangi masalah asap jika nanti memang dibutuhkan.

Sementara itu, Menteri Negara Departemen Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Singapura, DR.Mohammad Maliki Osman mengapresiasi Pemprov Jambi yang dinilai telah membangun Provinsi Jambi dengan baik dan menyatakan siap membangun kerjasama dengan Jambi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Wagub Jambi karena telah menerima rombongan kami dan ini kali pertama saya ke Jambi. Saya telah mengunjungi beberapa Provinsi di Indonesia, ini bertepatan dengan peringatan ke-50 hubungan diplomatik Indonesia-Singapura, dan selain meningkatkan tali silahturahmi kami berharap adanya kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan kami siap mendukung pembangunan Jambi," kata Maliki Osman.

Saat ini, katanya ada 100 pegawai yang telah menjalani pelatihan peningkatan SDM di Singapura. Sedangkan dari segi pendidikan Singapura akan melihat bagaimana potensi yang bisa dikerjsamakan dengan Jambi dengan tujuan pembangunan.

Maliki Osman juga menyatakan kesiapan Pemerintah Singapura memberikan bantuan penanggulangan asap jika memang diminta oleh Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Provinsi Jambi.

"Kami siap membantu apa saja yang diperlukan, kami menunggu pihak dari pusat atau Pemerintah Jambi untuk menanggulangi asap," kata Maliki Osman menambahkan.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017