Kualatungkal, Antarajambi.com - Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) H Safrial mengingatkan jemaah calon haji daerah itu memperhatikan "lima tertib" dalam mengikuti prosesi ibadah baik saat keberangkatan, di Tanah Suci hingga kepulangan.

"Ingat 'lima tertib' yakni tertib ibadah, kesehatan, makan dan minum, istirahat serta tertib barang bawaan baik di perjalanan maupun selama di Tanah Suci," kata Safrial di Kualatungkal, Tanjabbar, Selasa.

Ia mempersilakan para calon haji untuk mempersiapkan bekal secukupnya  baik fisik, psikis, pengetahuan seputar ibadah haji, keuangan dan lainnya.

Secara khusus bupati memberikan pembekalan di ruang pertemuan Bupati Tanjabbar sekaligus kegiatan manasik haji menjelang keberangkatan para jemaah haji derah itu pada pertengahan Agustus 2017.

"Semoga jamaah calon haji Tanjabbar menjadi haji yang mabrur sehingga kembali ke tanah air bisa menyeimbangkan kesolehan pribadi dan kesalehan sosial," katanya

Menurut Bupati Safrial, manasik haji merupakan simulasi dari proses pelaksanaan haji sebenarnya, karenanya ia meminta untuk diikuti dengan sungguh-sungguh.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Tanjabbar H Buhari melaporkan tahun 1438 H/2017 M ini, Tanjabbar memberangkatkan sebanyak 284 calon Jamaah Haji, terdiri dari 174 calon jemaah wanita dan 110 calon jemaah laki-laki, kemudian ditambah 1 orang TPHD menjadi 285 orang.

Calon jemaah haji tertua yakni berusia 91 tahun bernama Abdurrahmann Jalal dari Tungkal Ulu, sedangkan yang termuda berusia 29 tahun Siti Aminah dari Tungkal Ilir.

Kemudian ada lima orang yang tidak berangkat di tahun 2017, tiga menunda dan dua meninggal dunia. Sesuai jadwal calon jamaah haji akan diberangkatkan dari bandara Sulthan Thaha Jambi menuju Embarkasi Batam pada tanggal 22 dan 23 Agustus 2017.

"Kloter 25 diberangkatkan menuju Embarkasi Batam pada tanggal 22 Agustus 2017 bergabung dengan jamaah asal Kabupaten Sarolangun dan Muaro Jambi. Sedangkan Kloter 26 diberangkatkan tanggal 23 Agustus 2017 bergabung dengan calon asal Sungai Penuh," paparnya.

Sebelum diberangkatkan ke embarkasi Batam seluruhnya akan di malamkan terlebih dahulu selama satu malam di Asrama Haji di Kota Jambi.

Pewarta: Kenneta

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017