Jambi, Antarajambi.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mendukung penuh pemanfaatan energi panas bumi (geothermal) di Kabupaten Kerinci, yang dikembangkan pemerintah pusat sebagai upaya menambah pasokan energi listrik di daerah itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik di Jakarta, Kamis, mengatakan pemanfaatan panas bumi di wilayah Kerinci itu tentunya juga mendukung perekonomian Jambi.

"Kita ada "geothermal" di Kerinci dan sekarang sudah tahap eksploitasi menjadi energi baru dan terbarukan yang untuk masa akan datang memang sangat menjadi andalan karena energi-energi seperti fosil akan habis," katanya yang juga menghadiri The 5th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2017.

IIGCE merupakan forum tahunan bagi pemangku kepentingan untuk berkumpul dan berdiskusi serta mencari terobosan bersama, untuk pemanfaatan energi baru dan terbarukan dan konservasi energi secara optimal.

Erwan mengatakan bahwa Pemerintah Pusat terus mendorong pengembangan energi-energi baru dan terbarukan seperti potensi "geothermal" di Kerinci itu.

"Di Kerinci ada Gunung Kerinci, gunung api, dan seperti inilah yang harus kita manfaatkan. Di Provinsi Jambi ada dua potensi panas bumi, satu di Merangin satu di Kerinci dan yang sudah mau eksploitasi itu di Kerinci," kata Erwan menjelaskan.

Sementara berdasarkan data Dinas ESDM Provinsi Jambi, sumber daya energi panas bumi di Jambi terdapat di dua blok, yakni Kabupaten Kerinci dan Merangin yang masuk dataran tinggi berdekatan dengan gunung api (ring of fire) dengan potensi mencapai 400 megawatt equivalent.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017