Jambi, Antarajambi.com - Pemerintah Provinsi Jambi tengah mengupayakan pengembangan hilirisasi karet untuk menambah nilai jual getah karet yang berimbas pada kesejahteraan petani.

"Kita mengupayakan agar karet tidak dijual dalam bentuk bahan mentah, karena harganya rendah serta harganya tidak selalu stabil, jadi kita dorong untuk menjadikan karet sebagai bahan olahan, baik itu bahan jadi maupun setengah jadi," katanya di Muarabungo, Sabtu.

Saat meninjau pengembangan upaya hilirisasi karet di salah satu Unit Pengolahan Hasil (UPH) karet yaitu vulkanisir ban di Desa Sungai Mengkuang Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo itu, Zola mengatakan bahwa UPH tersebut merupakan upaya nyata dalam meningkatkan nilai tambah getah karet.

Zola mengungkapkan saat ini Pemprov Jambi sedang mengkaji pembuatan kompon ban sendiri, karena selama ini kompon itu didatangkan dari Cibubur sehingga menyebabkan biaya produksi lebih besar.

"Dengan membuat kompon sendiri berarti akan mengurangi biaya produksi. Jadi kompon itu tidak perlu lagi didatangkan dari luar lagi, nanti akan kita adakan di Kualatungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat dan konsepnya sudah ada, dengan begitu akan meningkatkan pendapatan masyarakat," katanya.

Selain pembuatan ban, juga ada pembuatan suku cadang motor yang berbahan karet seperti pijakan kaki. Sebab itu kata Zola program-program UPH bisa juga diterapkan di kabupaten yang memiliki potensi karet.

"Setelah kita bisa menghasilkan kualitas kompon seperti yang di Cibubur, Pemprov Jambi akan mengadakan peralatan-peralatan produksi untuk mendukung itu semua guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya menjelaskan.

Dikatakannya lagi, dalam pembuatan kompon itu nantinya selain bekerjasama dengan pemerintah kabupaten, Pemprov Jambi juga akan menggandeng perusahaan melalui CSR.

"Karena melalui industri karet bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat jika dikembangkan dengan baik, dan hal ini sangat dinantikan oleh masyarakat Jambi," katanya menambahkan.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017