Jambi, Antarajambi.com - Kebun Binatang Taman Rimba Jambi menerima dua ekor satwa primata yang sebelumnya dipelihara masyarakat di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, untuk dirawat di kebun binatang tersebut.

Dua ekor satwa primata yang diserahkan dari warga itu di antaranya owa ungko (hylobates agilis) berusia delapan tahun dan siamang (syumphalangus syndactylus) yang berusia lima tahun, kata Kepala UPTD Taman Rimba Jambi Taufik Bukhori di Jambi, Rabu.

Primata tersebut, kata dia, keduanya berjenis kelamin jantan yang sebelumnya ditemukan warga dan kemudian dipelihara sejak masih bayi.

"Dengan ditambahnya siamang dari Bungo ini jumlahnya sekarang di Taman Rimba menjadi empat ekor," katanya.

Taufik mengatakan tahun ini baru ada dua kali penyerahan satwa dari masyarakat untuk Taman Rimba.

"Sesuai prosedur penyerahan satwa ini harus diketahui Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jambi, dan nanti juga kita akan bertemu pihak BKSDA yang di Jambi," katanya.

Sementara itu, Iswandi salah satu warga yang menyerahkan Owa Ungko mengatakan dia menghibahkan satwa ini karena akhir-akhir ini sering ditinggal dan tidak terpelihara dengan baik.

"Waktu itu saya sedang membuka kebun untuk menanam karet. Induknya yang juga berwarna coklat lari dan saya pelihara," kata Iswandi.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017