Jambi, Antarajambi.com -  Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi menyediakan lahan seluas delapan hektare untuk pembangunan lembaga pemasyarakatan (Lapas) baru guna mengurangi kepadatan di Lapas Kelas IIA Jambi.

"Untuk lokasi lapas baru, Pemprov telah menyediakan lahan di kawasan Pondok Meja berdekatan dengan Sekolah Polisi Negara (SPN) Jambi," katanya di Jambi, Jumat.

Gubernur mengatakan lahan seluas delapan hektare itu ditargetkan bisa menampung warga binaan sebanyak 1.000-1.500 orang lebih sehingga bisa mengurangi jumlah warga binaan di Lapas Jambi tersebut yang jumlahnya mencapai ribuan orang.

"Akan dibangun secara bertahap, lahannya disiapkan Pemprov dan pembangunan fisiknya dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)," katanya.

Selain itu kata Zola, Pemprov juga akan membantu pembangunan dinding tembok Lapas yang jebol akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu.

Kemudian juga pembangunan aula Lapas Kelas IIA Jambi yang rusak pascakerusuhan di Lapas tersebut beberapa waktu.

"Kami bersama-sama dengan Wagub dan Ketua DPRD akan menganggarkan pembangunan aula dan dinding Lapas yang jebol sepanjang 80 meter di APBD 2018," katanya.

Namun kata Zola bantuan pembangunan yang diserahkan untuk Lapas itu harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

"Kalau pembangunan aula akan kami bantu perbaikan sementara dulu sebab aula ini penting karena digunakan untuk keluarga yang menjenguk warga binaan," katanya.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017