Jambi, Antarajambi.com- Pemerintah Kabupaten Merangin Provinsi Jambi akan menggelar Festival Pesona Geopark Nasional Merangin (FPGNM) Jambi 2017, pada 11 September mendatang sebagai upaya memperkenalkan objek wisata taman bumi itu lebih dekat kepada masyarakat dan wisatawan.

"Iven pariwisata yang baru mulai digelar tahun 2016 lalu dipusatkan di Taman Batu Merangin, Desa Air Batu," kata Wakil Bupati Merangin, Khafied Moein di Merangin, Selasa.

Khafied berharap semua pihak harus berperan menyukseskan iven pariwisata yang akan menjadi agenda tahunan Kabupaten Merangin setiap bulan September.

Dijelaskannya, FPGNM Jambi akan diisi dengan berbagai kegiatan dan lomba. Diantaranya pameran, bazar, seni pertunjukan seperti Tari Sayak, Tari Pisang, Tari Sikadam, Tari Lukah Golo dan sejumlah tari khas Merangin lainnya.

Iven pariwisata yang rencananya dibuka Gubernur Jambi Zumi Zola itu juga akan gelar lomba Arung Jeram Nasional, yang mengambil star di Desa Air Batu Kecamatan Renah Pembarap.

Sedangkan rute yang akan dilalui Arung Jeram tersebut yakni mengaliri sepanjang Sungai Batang Merangin, dimana di sepanjang sungai itu berjejer terdapat fosil-fosil Geopark Merangin yang menarik dinikmati.

Khafied menambahkan, FPGNM Jambi juga bakal diikuti para peserta dari berbagai penjuru Tanah Air, selain itu juga digelar perkemahan yang mengambil lokasi di kebun durian milik Pemkab Merangin di kawasan Geopark Merangin tersebut.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017