Jambi, Antarajambi.com - Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (REI) Jambi menyebutkan, nilai transaksi yang berhasil dihimpun dari pameran perumahan (Property Expo) di Kota Jambi mencapai Rp21,5 miliar.

"Pameran perumahan selama enam hari ini telah berhasil menjual sekitar 164 unit rumah dari 20 pengembang dan 60 project perumahan yang ditawarkan," kata Ketua DPD REI Jambi Ramon Fauzan di Jambi, Selasa.

Meskipun nilai transaksi tersebut dirasa cukup baik, namun kata dia masih jauh mencapai target yang ingin dicapai yaitu sebesar Rp40 miliar.

"Memang kami sengaja memasang target cukup besar, tapi dengan angka yang terealisasi ini sudah cukup bagus karena mencapai separuh angka dari target itu," kata dia.

Peminat perumahan dalam pameran tersebut kata dia, masih didominasi pada sektor perumahan subsidi dan sedangkan untuk perumahan komersil hanya sekitar 15 persen atau sebanyak 20 unit dari total penjualan perumahan selama pameran.

"Kebanyakan masyarakat memilih rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," katanya menjelaskan.

Pameran perumahan tersebut menurut dia, membantu dalam memudahkan mencari dan memilih rumah impian masyarakat di provinsi ini.

"Efeknya nanti masih bisa dirasakan hingga satu hingga dua bulan ke depan, kami berharap ini akan semakin berkembang seiring banyaknya pengembang perumahan yang ada di Jambi," katanya menambahkan.

Sementara itu, asosiasi pengembang perumahan atau Real Estate Indonesia Provinsi Jambi menyatakan siap membangun sebanyak 5.000 unit rumah di sejumlah kawasan daerah ini pada 2017.

Hasil pendataan dari anggota pengembang perumahan yang tergabung di dalam REI tersebut diketahui sebanyak 5.000 unit rumah yang direncanakan siap dibangun.

Target 5.000 rumah tersebut sebagai upaya mendukung program satu juta rumah yang digagas pemerintah, dan juga untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat di Jambi.

Berdasarkan target pembangunan 5.000 rumah tersebut, nantinya akan lebih didominasi rumah bersubsidi melalui Program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam mengakses kredit pemilikan rumah (KPR).


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017