Jambi, Antarajambi.com - Sejumlah warga di Kecamatan Handil Jaya bersama Kodim 0415/Batanghari, Jambi menggelar nonton bareng atau nobar film G30S/PKI.

Bertempat di ruang aula Kodim 0415/Batanghari, puluhan masyarakat dan anggota Kodim antusias menyimak film yang dahulunya diputar setiap tahunnya di televisi untuk memperingati hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

Dandim 0415/Batanghari, Letkol Inf Denny Noviandi melalui Kasdim Mayor Beni, tidak menduga bila masyarakat cukup antusias dan banyak datang untuk melihat pemutaran film G30S/PKI.

Menurutnya, nobar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyebarluaskan fakta-fakta nilai sejarah, sebagai daya tarik generasi muda untuk belajar dan memahami sejarah.

"Saya berharap kejadian seperti gerakan PKI ini tidak terjadi lagi. Dan generasi muda semakin mencintai NKRI," tegas Mayor Beni.

Sementara itu salah seorang masyarakat, Wati (39) mengaku sudah pernah menonton film tersebut sewaktu remaja dan saya sengaja datang dengan anak-anak untuk menonton agar anak-anak saya mengenal sejarah lagi.

Sedangkan Eko pemuda berusia 25 ini mengaku belum pernah melihat film G30S/PKI dan diharapkan dengan menonton nonton film G30S/PKI bisa tahu sejarah kelam bangsa ini.


Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017