Jambi, Antarajambi.com - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Husairi mengatakan pelantikan pejabat baru yang akan dilakukan dalam waktu dekat untuk mengisi kekosongan jabatan di lingkup pemerintahan daerah ini.

"Untuk mengisi jabatan tersebut diberikan kewenangan kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing untuk mengajukan nama-nama calon pejabat yang akan membantunya," katanya dihubungi di Jambi, Minggu.

Saat ini sebanyak 31 jabatan di lingkup Pemerintahan Provinsi Jambi yakni 11 jabatan eselon III dan 20 jabatan pada eselon IV serta satu jabatan fungsional masih kosong karena banyak pejabat eselon III khususnya yang sebelumnya mengikuti lelang dijabatan lain dan lolos.

Husairi mengatakan, sejak Kepala OPD dilantik sebelumnya diharapkan segera memilih siapa yang nantinya akan membantunya melaksanakan tugas di OPD tersebut. Penunjukan ini diharapkan sesegera mungkin agar program tiap OPD dapat segera dilaksanakan.

"Nama- nama pejabat baru untuk mengisi jabatan eselon III dan IV itu sudah diajukan oleh masing-masing kepala OPD," katanya.

Kemudian lanjutnya, nama-nama tersebut diajukan oleh BKD kepada Tim Baperjakat dan dilakukan seleksi oleh Baperjakat sebelum diajukan kepada gubernur Jambi untuk disetujui.

"Jadi pelantikan masih menunggu seleksi yang dilakukan Baperjakat dan menunggu persetujuan dari gubernur," katanya lagi

Selain eselon III dan IV, ada satu jabatan eselon II yang kosong yakni Direktur Pelayanan dan Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi. Untuk jabatan ini kata Husairi masih menunggu Perpres karena adanya perubahan nomenklatur pada rumah sakit tersebut.



Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik mengatakan untuk mengisi kekosongan pejabat eselon III dan IV di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diserahkan kepada pimpinan OPD terkait untuk memenuhinya.

"Itu kan pimpinan OPD yang mau menggunakan, jadi mereka yang tau pejabat seperti apa yang diperlukan," kata Sekda.

Sekda mengatakan, pengajuan nama-nama tersebut dari masing-masing OPD telah diterimanya dan telah sampai di meja gubernur Jambi. Kini menurutnya tinggal menunggu persetujuan dari gubernur untuk dilakukan pelantikan secara resmi.

"Pak gubernur masih berada di luar negeri, jadi kita menunggu persetujuannya untuk pelantikan," katanya menambahkan.

Sebelumnya Gubernur Jambi Zumi Zola melantik 31 pejabat tinggi pratama setingkat eselon II hasil lelang jabatan di lingkup pemerintahan provinsi ini yang sebelumnya telah mengikuti rangkaian seleksi.�Dari jumlah itu, beberapa diantaranya sebelumnya menjabat di eselon III, sehingga banyak terjadi kekosongan pada jabatan yang ditinggalkan. ***4***

(T.KR-DDS/B/T007/T007) 24-09-2017 20:50:07

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017