Jambi, Antarajambi.com - PT Pertamina (Persero) melakukan uji coba pasar atau tes market Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax Turbo untuk melihat respon masyarakat terhadap permintaan bahan bakar tersebut di Kota Jambi.

"Tes market penjualan Pertamax Turbo tersebut sementara ini kita lakukan hanya pada dua SPBU di Kota Jambi, yakni SPBU Kebun Jeruk dan Nusa Indah," kata Sales Retail BBM Wilayah VII Jambi pada PT Pertamina (Persero) Raka Pradipta di Jambi, Jumat.

Tes market penjualan Pertamax Turbo di Kota Jambi kata dia, telah dilakukan selama sepekan dan antusias masyarakat konsumen terhadap bahan bakar varian baru tersebut cukup baik.

"Antusias dan respon pasar cukup baik, dapat dibuktikan selama sepekan tes market ini yang sudah terjual mencapai 5 kiloliter (KL)," kata Raka.

Selain untuk melihat respon pasar, tes market penjualan Pertamax Turbo itu dilakukan juga menyiapkan infrastruktur tanki pendam SPBU dan tanki di terminal BBM.

Untuk masa uji coba pasar penjualan Pertamax Turbo saat ini bahan bakar tersebut masih didatangkan dari Terminal BBM Siak, Pekan Baru.

"Masih kita persiapkan untuk infrastruktur tanki di Terminal BBM Jambi, jadi untuk sementara ini masih kita datangkan dari Pekan Baru," katanya.

Pertamax Turbo kata Raka, merupakan bahan bakar dengan kualitas tertinggi yang dimiliki Pertamina saat ini, hasil pengembangan Pertamax Plus dan memiliki research octane number (RON) 98.

Selain itu bahan bakar tersebut juga dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF) yang memungkinkan mesin kendaraan menghasilkan performa tinggi.

Selain Pertamax Turbo, produk Pertamina di Jambi juga telah bervariasi, yakni juga terdapat bahan bakar gasoline solar kualitas tinggi Dexlite.

Sedangkan Dexlite merupakan pilihan bahan bakar untuk mesin diesel karena lebih hemat namun tetap bertenaga dengan bilangan cetane 51.

Kelebihan Dexlite adalah memberikan akselerasi dan torsi yang lebih baik, mengurangi kebisingan dan lebih responsif dibandingkan solar.

"Untuk produk Pertamina sudah banyak variasinya dan telah dipasarkan di Provinsi Jambi, karena kesadaran masyarakat terhadap penggunaan bahan bakar nonsubsidi yang memiliki kualitas tinggi sudah cukup baik," kata Raka menambahkan.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017